oleh

Program Pendataan, 75.598 Data Keluarga di Blora Sudah Valid

Blora, Mitrapost.com Sebanyak 75.598 data keluarga di Kabupaten Blora telah valid dalam Pendataan Keluarga tahun 2021. Sedangkan target PK21 di kabupaten Blora sebanyak 297.782 keluarga.

“Jadi PK21 ini dilaksanakan mulai 1 April 2021 hingga 31 Mei 2021. Hingga hari ini yang sudah valid terdata sebanyak 75.593 keluarga atau terdata valid 25,39 persen dari target,” jelas Nunuk Nurul Hidayah, Kabid Pengendalian Penduduk dan Penggerakan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Blora, Senin (19/4/2021).

BPKAD Pati

Pendataan itu dilakukan secara online melalui laman pk21.bkkbn.go.id dengan melibatkan kader pendata yang mendatangi masing-masing keluarga.

“Kader pendata di Blora ada 1.593 orang yang mendatangi rumah dengan menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Baca juga: Hendi Minta Warga Beri Data Valid dalam Pendataan Keluarga

Kepala Seksi Penyuluhan dan Pendayagunaan Petugas Lapangan Keluarga Berencana dan Kader Keluarga Berencana Bidang Pengendalian Penduduk dan Penggerakan, Yuli Purwaningsih, menambahkan bahwa PK21 merupakan pemutakhiran data dari PK tahun sebelumnya.

Pendataan Keluarga dilakukan setiap lima tahun sekali dimulai tahun 2015 dan terus dilakukan pemutakhiran setiap tahun hingga sekarang.

“Termasuk Bapak Bupati Arief Rohman, lebih awal sudah dilakukan pendataan keluarga,” ucapnya.

Kepala DPPKB Blora Achmad Nur Hidayat menjelaskan Pendataan Keluarga tahun 2021 yang dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dilaksanakan pada 1 April 2021 – 31 Mei 2021.

Baca juga: 11,4 Juta Keluarga Jadi Sasaran Program Pendataan di Jateng

Pendataan dilakukan untuk basis data sebagai dasar bagi pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan keluarga.

“Pembangunan dimulai dari perencanaan yang baik, dan perencanaan berdasarkan data yang akurat. Pendataan Keluarga tahun 2021 menghasilkan data mikro keluarga secara by name by address sebagai penyediaan data atau dasar dalam perencanaan dan pemerataan pembangunan,” jelasnya.

Pendataan Keluarga tahun 2021 penting dilakukan untuk memotret dan mengenali keluarga Indonesia. Selain itu, pendataan juga dilakukan untuk mengetahui potensi dan kendala keluarga Indonesia dalam fungsi vital di bidang kesehatan, pendidikan, serta ekonomi.

“Oleh karena itu mohon dukungannya untuk mensukseskan Pendataan Keluarga 2021,” kata Achmad Nur Hidayat. (*)

Baca juga: Targetkan Pendataan Penyandang Disabilitas Mental Rampung Satu Pekan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait