Panggung Kahanan Kembali Hadir, Bakal Ada Roadshow di Pati

Kendal, Mitrapost.com – Panggung Kahanan yang mewadahi para seninan Jawa Tengah untuk menampilkan pertunjukan kembali hadir. Pada gelaran ketiga ini akan ada roadshow yang digelar di enam kabupaten/kota yaitu Kendal, Pati, Kota Magelang, Cilacap, Kota Solo, dan Kota Pekalongan.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu telah diawali di Kabupaten Kendal pada Rabu (21/4/2021).

Pagelaran dilaksanakan dengan konsep aman sesuai protokol kesehatan. Sedangkan dan untuk menghindari kerumunan, pertunjukan disiarkan secara virtual melalui akun Youtube dan Facebook Ganjar Pranowo. Dengan begitu, seniman berbagai genre di Jawa Tengah tetap dapat berekspresi dan berkarya di tengah Pandemi Covid-19.

Salah satu musisi Kendal, Mutik Nida menanggapi dengan positif diselenggarakannya roadshow Panggung Kahanan itu. Menurutnya, dengan roadshow akan semakin banyak seniman di daerah-daerah yang ikut terlibat.

Baca Juga :   Dibuka Lagi di Masa PKM, GOR Tri Lomba Juang Ramai Pengunjung

“Ini sangat bagus, kalau bisa malah ditambah lagi (kota) biar tidak ada yang iri,” kata Mutik di sela-sela acara.

Baca juga: Seniman di Rembang dapat Lampu Hijau untuk Pentas

Pemain kendang dangdut itu menceritakan, selama pandemi seniman sangat kesulitan untuk pentas, sehingga Panggung Kahanan bisa jadi solusi tepat bagi para seniman.

“Lebih dari satu tahun ini pandemi. Kalau main masih, tapi harus terbatas, lesehan. Dari (Panggung Kahanan) saya berterima kasih kepada Pak Ganjar dan semua tim kreatifnya,” terangnya.

Tanggapan senada disampaikan Fadia, jebolan Pop Academy Indosiar yang ikut mengisi acara pada roadshow Panggung Kahanan di Kabupaten Kendal itu, turut memuji acara Panggung Kahanan baik secara konsep maupun teknis.

Baca Juga :   Vaksinasi Dosis Kedua di Jateng Capai 69 Persen

Menurutnya, panggung kahanan menjadi terobosan di tengah pandemi agar gelaran seni tetap hidup. “Sejak pandemi manggung susah ya. Jarang banget. Harapannya Panggung Kahanan dikembangkan lagi. Pokoknya asik,” tandas Faris.

Baca juga: Setahun Tak Bisa Pentas, Pendapatan Seniman Pati Anjlok hingga Picu Perceraian

Panggung Kahanan juga menampung donasi masyarakat bagi para seniman di Jawa Tengah. Donasi dapat disalurkan melalui rekening Bank Jateng pada nomor rekening 2034191919 atas nama Panggung Kahanan.