oleh

Penyekatan Kendaraan di Temanggung, Pemudik Diminta Tes Antigen

Temanggung, Mitrapost.com Semakin dekat dengan Hari Raya Idulfitri, Kepolisian Resor Temanggung bersama Dinas Kesehatan setempat kembali melakukan penyekatan bagi kendaraan yang berasal dari luar daerah. Antisipasi tersebut untuk mencegah penyebaran virus corona dalam pelarangan mudik lebaran tahun ini.

Kasatlantas Polres Temanggung AKP Muh Fadlan mengatakan, kegiatan ini dilakukan secara terpadu bersama Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

BPKAD Pati

Dalam operasi ini, pengendara selain diperiksa surat-suratnya juga ditanya asal dan tujuan. Kemudian secara random dilakukan swab test antigen kepada pengendara asal luar daerah.

Baca juga: Dishub Semarang Siapkan 9 Pos Titik Penyekatan

Kita laksanakan pengetatan mudik, atau pra mudik sebelum dilakukan operasi ketupat di tanggal 6 Mei 2021.

“Dari 22 April 2021 kemarin kita laksanakan pengetatan, fokusnya pada tracing dan treatment kepada masyarakat yang sedang melaksanakan perjalanan dari luar kota menuju Temanggung. Maka ada random swab antigen,” ujarnya, Minggu (2/5/2021) kemarin.

Penyekatan juga sekaligus menjadi awal penyaringan bagi pengendara asal luar Provinsi Jawa Tengah. Sementara ini, tidak ada pengendara yang diminta putar balik, sebab kebijakan tersebut baru dimulai Tanggal 6 Mei 2021.

“Kita swab, yang hasilnya reaktif kita arahkan ke posko PPKM Mikro. Mereka kemudian diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri,” katanya.

Baca juga: Lacak Pemudik Datang ke Semarang, Hendi Gunakan Strategi Bottom Up

Sigit Maulana (20) pengendara sepeda motor dari Yogyakarta yang dihentikan petugas kemudian menjalani swab antigen. Ia mengaku akan mudik ke Indramayu.

“Saya mau pulang ke Indramayu, dari Jogja karena sudah lama tidak pulang kampung. Ya, senang ada kegiatan ini, saya malah dapat swab gratis dan hasilnya negatif,” katanya. (*)

Baca juga: Antisipasi Mudik Lebaran, 5 Pos Pengamanan di Rembang

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait