oleh

Gunakan Energi Ramah Lingkungan, MPP Blora Bakal Pakai PLTS

Blora, Mitrapost.com Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Blora bakal menjadi tempat uji coba penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah kabupaten setempat yang ingin menggunakan energi surya ramah lingkungan di lingkungan pemerintah Kabupaten Blora.

“Jadi memang kita ada rencana untuk memanfaatkan PLTS energi yang ramah, kita coba dulu di MPP. Nanti kalau bisa, tim ini diajak ke MPP meninjau kira-kira pemasangan instalasinya, kemudian penyesuaian lainnya seperti apa, perlu anggaran berapa,” jelas bupati saat memimpin rapat dengan jajaran PT Watala, yang bergerak di bidang Panel surya di Ruang Rapat Bupati Blora, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Diduga Korsleting Arus Listrik Rumah Milik Warga Desa Pagendisan Ludes Terbakar

Baca Juga :   Entaskan Stunting, Pemkab Blora Diskusi Bareng Kemenkes RI

Disampaikan, MPP merupakan salah satu ikon Pemkab Blora yang akan segera di-launching. Bupati meminta, agar jajarannya segera berkoordinasi terkait teknis dan lebih rinci dengan PT Watala.

Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Kabupaten Blora Pujiariyanto mengungkapkan, kebutuhan akan listrik di Pemkab Blora cukup besar.

“Semisal untuk PJU (penerangan jalan umum) saja di 7.000 titik setiap tahun itu kita bayar listrik sekitar Rp5,5 miliar,” jelasnya.

Baca juga: Lima Pegawai Kejari Jember Terpapar Covid-19, Salah Satunya Kepala Kejaksaan

Ditambahkan, termasuk kebutuhan di tiap perkantoran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora yang membutuhkan anggaran untuk biaya listrik banyak.

“Kalau nanti hitungan secara rinci (penggunaan energi surya) bisa menghemat secara signifikan, bisa menurunkan biaya kita untuk listrik misal setengahnya, dan biaya investasi dapat BEP, dalam waktu dekat mungkin nanti kita bisa pilih,” jelas Puji

Baca Juga :   Mudik Dilarang, Penerbangan Perdana Bandara Ngloram Diundur

Managing Director PT Watala Mada Ayu Habsari menyampaikan, dengan penggunaan panel surya dapat mengurangi biaya untuk listrik. Salah satunya, dapat diterapkan di gedung-gedung, sehingga dapat mengurangi biaya operasional dan mampu melakukan penghematan. (*)

Baca juga: Sejumlah Layanan Satlantas Disiapkan di MPP Blora

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com . Mari bergabung di Grup Telegram "Mitrapostcom_Official", caranya klik link https://t.me/Mitrapostcom_Official, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar

Berita Terkait