oleh

Pastikan Peredaran Daging Aman, Dinnakikan Blora Operasi ke Pasar

Blora, Mitrapost.com Jelang idulfirtri 1442 Hijriah, Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakikan) Kabupaten Blora memeriksa peredaran daging di sejumlah pasar tradisional.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakikan) Kabupaten Blora melalui Kepala Bidang Kesehatan Dinnakikan drh. Tejo Yuwono mengemukakan pemeriksaan dan pengawasan peredaran bahan pangan asal hewan mendekati Idulfitri 1442H intensif dilaksanakan di sejumlah pasar tradisional di kabupaten Blora.

BPKAD Pati

Yaitu pasar Randublatung, Cepu, Todanan dan pasar Kunduran yang merupakan daerah perbatasan. Kemudian di pasar Blora dan Jepon.

“Adapun sampel yang diambil yaitu menggunakan pH meter untuk uji kesegaran daging, dan uji cepat keutuhan daging. Senin (3/5/2021) kemarin ke pasar Randublatung dan Jepon. Hari ini ke pasar Cepu,” kata drh. Tejo Yuwono, di Blora, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Jelang Hari Raya, Dinkes Pati Temukan Makanan Tak Layak Konsumsi di Swalayan

Keutuhan daging di sini, lanjutnya, berarti tanpa ada campuran dengan daging lain seperti daging babi/celeng.

“Hasil yang kami dapatkan adalah pH antara 7-7.3 yang dikategorikan dengan daging segar. Sedangkan uji keutuhan, semuanya utuh tanpa campuran daging babi/celeng,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim kesehatan hewan Dinnakkikan Kabupaten Blora, juga tidak ada daging glonggong.

“Artinya, aman dikonsumsi,” kata dia.

Sementara itu untuk ketersediaan bahan pangan asal hewan dan ikan dalam kategori aman dan tercukupi.

Baca juga: Pewarna Tekstil Ditemukan Pada Sejumlah Makanan di Pasar Jepon

Adapun ciri daging yang baik, lanjutnya, antara lain berbau segar (khas daging) tidak anyir, daging kenyal dan padat, warna merah, dan tidak mengandung air.

“Sedangkan ciri ikan yang segar, mata bening, insang merah, dan sisik masih lengkap. Untuk stok cukup,” ungkapnya.

Pihaknya rutin melakukan pemeriksaan hewan ternak sapi milik warga serta memberikan vitamin. Selain itu para peternak diimbau menjaga kebersihan kandang. (*)

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Harga, Pemkab Klaten Siapkan Prosedur Operasi Pasar

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

 

Komentar

Berita Terkait