oleh

Antisipasi Lonjakan Harga, Pemkab Klaten Siapkan Prosedur Operasi Pasar

Klaten, Mitrapost.com Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya mengatakan harga komoditas yang menjadi konsumsi masyarakat Kabupaten Klaten, terpantau stabil. Sejumlah komoditas tidak mengalami perubahan harga secara signifikan.

“Kondisi harga bahan pokok di pasar tradisional di Klaten, masih stabil. Belum ada lonjakan signifikan di awal Ramadan,” ungkapnya usai sidak di Pasar Darurat Klaten, Jumat (16/4/2021).

BPKAD Pati

Pihaknya juga memastikan distribusi bahan pokok ke pasar berjalan lancar. Menurut Wabup, keberadaan stok komoditas yang cukup dinilai penting agar harga di tingkat masyarakat tetap stabil. Khusus untuk beras, stok di Klaten dipastikan aman hingga Juni mendatang.

“Khusus beras, kebutuhan masyarakat dipastikan aman karena Klaten mengalami surplus beras hingga 75 ribu ton. Diperkirakan mencukupi kebutuhan masyarakat hingga Juni nanti,” paparnya.

Baca juga; Hari Keempat Puasa, Harga Kepokmas di Blora Masih Terkendali

Tak hanya itu Pemkab Klaten menyiapkan prosedur operasi pasar apabila terjadi lonjakan harga yang signifikan di pasaran.

Di Pasar Darurat Klaten, harga beras sedikit turun dibandingkan sebelum masa panen raya. Untuk jenis C4 Super Rp 10.000/kilogram, sedangkan jenis mentik wangi rata-rata Rp 12.000 per kilogram dan bramo Rp 11.000 per kilogram.

Sementara untuk harga komoditas lain, di antaranya daging sapi Rp 120.000 per kilogram terpantau stabil sejak awal tahun 2021, daging ayam Rp37.000 per kilogram naik dari harga Rp34.000 per kilogram sejak beberapa pekan terakhir. Untuk harga telur ayam negeri, terpantau turun dari harga Rp26.000 menjadi Rp24.000 per kilogram dan gula pasir Rp12.500 per kilogram. (*)

Baca juga: Kebutuhan Masih Kecil, Harga Daging di Pati Stabil di Awal Ramadan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait