oleh

5 Kelompok Pemuda Rembang Didapuk sebagai Pahlawan Sahur

Rembang, Mitrapost.com – Lima kelompok pemuda yang sering membangunkan sahur di Desa Pondokrejo Kecamatan Bulu diberi anugerah pahlawan sahur. Hal itu disampaikan oleh Ahmad Yusuf Kurnia selaku Ketua Karang Taruna Desa Pondokrejo.

Kalangan pemuda di sejumlah daerah di Kabupaten Rembang memilik tradisi membangunkan sahur setiap bulan Ramadan. Kegiatan yang dilakukan dengan diringi alat musik itu dinamai tong-tong klek.

BPKAD Pati

Seiring berjalannya waktu, tong-tong klek kini menjadi ajang untuk mengadu kreativitas. Begitupun di Desa Pondokrejo, sejak 2016 pemudanya selalu aktif membangunkan sahur dengan kreativitas masing-masing.

Baca juga: Jelang Idulfitri, Harga Daging di Rembang Merangkak Naik

“Tujuan dari diadakan festival Tong-Tong Klek yaitu sebagai apresiasi para pegiat Tong-Tong Klek yang setiap bulan Ramadan membangun kan warganya untuk bersahur,” jelas Yusuf.

Yusuf menambahkan, ide awal acara festival Tong-Tong Klek saat itu tahun 2015 tradisi membangunkan sahur mulai surut. Maka dari itu, agar tradisi tersebut tetap ada maka diadakan festival untuk memancing anak muda supaya mau membangunkan sahur lagi.

“Tadi malam ini adalah tahun keenam. Kita memberikan apresiasi kepada yang terlibat dalam penggagas festival Tong-Tong Klek dan para grup yang terlibat,” imbuhnya.

Baca juga: Bagikan Ribuan Takjil, Jemaat GBI Rembang Buka Dapur Umum

Lebih lanjut, menurut Yusuf kebiasaan pemuda Pondokrejo tiap malam memang berkumpul di musala maupun masjid. Setelah memasuki waktu sahur, mereka keliling untuk membangunkan warga dengan alat musik tradisional.

“Acara berlangsung dimulai dari 9.30 WIB sampai tengah malam. Setiap kelompok saat tampil menyanyikan lagu tombo ati. Untuk musiknya pakai tradisional, dalam hal ini kentongan atau alat pukul lain yang tidak elektronik,” pungkasnya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait