Hal-Hal yang Harus Dihindari Setelah Olahraga

Mitrapost.com Olahraga menjadi pilihan untuk menjaga kebugaran tubuh. Antusiasme masyarakat dalam berolahraga dalam beberapa waktu terakhir ini juga cukup meningkat dengan naiknya tren berspeda atau gowes.

Sayangnya, meski olahraga membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh namun sejumlah orang tidak menyadari kebiasaan buruk setelah olahraga.

Berikut ini hal-hal yang seharusnya dihindari setelah berolahraga:

Pendinginan dan peregangan

Pendinginan atau cooling down menjadi hal penting dalam rangkaian olahraga. Setelah tubuh memompa jatung, pendinginan sangat penting menurunkan denyut jantung dan tekanan darah secara bertahap.

Salah satu aktivitas pendinginan yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan kaki selama lima menit setelah olahraga lari.

Selain pendinginan, melakukan peregangan setelah olahraga juga penting dilakukan. Hal ini untuk melemaskan otot-otot agar tidak menyebabkan kram otot.

Baca Juga :   Waspada Bahaya Kanker Tiroid, Kenali 6 Penyebab dan Jenisnya

Baca juga: 5 Cara Atasi Kram Setelah Olahraga

Tidak mengganti pakaian olahraga

Menggunakan pakaian yang sama setelah melakukan olahraga sebaiknya tidak dilakukan. Sebab kebiasaan tidak mengganti pakaian pasca olahraga dapat meningkatkan risiko infeksi jamur atau jerawat pada kulit. Hal ini karena setelah olahraga, tubuh memproduksi keringat dengan jumlah yang relatif banyak.

Tidak mengonsumsi air

Mengonsumsi air dengan jumlah yang cukup akan mengembalikan cairan yang hilang karena aktivitas olahraga. Hal ini akan mencegah kondisi tubuh mengalami dehidrasi akibat kurangnya cairan.