oleh

Kedatangan Kepala BPPSDMP Kementan Diharapkan Mampu Kuatkan Jajaran Kostratani

Pandawa BPJS JKN PATI

Pati, Mitrapost.com – Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengunjungi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Wedarijaksa untuk meninjau progres Gerakan Kostratani dan menggalang aspirasi dari Sumber Daya (SDM) pertanian setempat.

Rombongan Kepala BPPSDMP didampingi Bupati Pati, Wakil Bupati Pati Kepala Dinas Pertanian Pati, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pati. Rombongan disambut oleh Muspika, Danramil, penyuluh pertanian, perwakilan kelompok tani, perwakilan petani milenial dan Kepala Desa setempat.

BPKAD Pati

Penguatan gerakan Kostratani dan peningkatan sumber daya pertanian adalah program aksi yang digagas oleh BPPSDMP untuk mendukung program utama Kementerian Pertanian menciptakan ketersediaan pangan di Indonesia.

Baca juga: Sambangi Pati, Kepala BPPSDMP Kementan Soroti SDM Pertanian dan Kostratani

Baca Juga :   Organ Tunggal Bisa Manggung Jika Dapat Izin Gugus Tugas Covid-19 Pati

“Modern itu berarti di dalamnya kita bicara SDM. Bagaimana mau cepat kalau masih pakai kendaraan kemarin. Bagaimana mau maju kalau ilmunya, teknologinya, mekanisasinya masih kemarin. Penyuluh diharapkan meningkatkan SDM dan meningkatkan produktivitas dan inovasi untuk penyaluran teknologi tani,” kata Dedi Nursyamsi dalam sambutannya, Jumat (10/6/2021).

Dedi menyampaikan Berkembangnya SDM pertanian tak lepas dari peran BPP di Kecamatan sebagai fasilitator. Oleh karenanya Kementerian Pertanian terus berupaya untuk terus mendorong peningkatan kualitas dan kapasitas BPP dalam menjalankan program Kostratani.

“Makanya kalau ada BPP yang perlu direnovasi, atau bahkan belum punya kantor, harus segera diajukan. Karena tahun 2021, kita targetkan transformasi BPP menjadi Kostratani ini bisa selesai seluruhnya,” tuturnya.

Baca Juga :   Antusias Warga Sipil Jalani Vaksinasi Cukup Tinggi

Baca juga: Diklat Food Estate Selesai, PPL Dituntut Mampu Praktikan Materi

Terkait SDM pertanian Bupati Pati Haryanto mengapresiasi BPPSDMP Kementan atas perannya mengangkat Penyuluh Pertaniaan berstatus Tenaga Harian Lepas (honorer)  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Haryanto mengaku atas perubahan status tersebut sangat mempengaruhi kinerja para penyuluh di sektor pertanian.

Sementara Sri Indah Budipakarti, Koordinator BPP Kecamatan Wedarijaksa berharap selepas kunjungan BPPSDMP dan jajaran Pemerintah Kabupaten Pati bisa semakin menguatkan Kostratani di Wedarijaksa.

“Dengan kedatangan belau-beliau kami berharap petani dan Muspika jadi tau kalau ada gerakan Kostratani. Juga diharapkan ada koordinasi lebih lanjut antara Muspika seperti untuk kegiatan panen hingga mengatasi hama tikus dengan program gropyoakan bisa saling bahu-membahu. jadi nanti dampaknya kami harapkan berlanjut,” ungkap Indah.(Adv)

Baca Juga :   2 Pabrik Korea di Pati, Tahap Perizinan hingga Perekrutan

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait