Manfaat Mendengarkan Musik, Meningkatkan Daya Ingat

Dopamin, bahan kimia yang terkait dengan kesenangan dan pusat “hadiah” hormon stres seperti kortisol serotonin dan hormon lain yang terkait dengan kekebalan oksitosin, bahan kimia yang mendorong kemampuan untuk terhubung dengan orang lain

Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami secara tepat bagaimana musik dapat digunakan secara terapeutik untuk mengobati penyakit mental, beberapa studi menyarankan bahwa terapi musik dapat meningkatkan kualitas hidup dan keterhubungan sosial bagi penderita skizofrenia.

  1. Menurunkan tingkat kecemasan

Ada banyak bukti bahwa mendengarkan musik dapat membantu menurunkan kecemasan seseorang. Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang di rehabilitasi setelah stroke lebih santai setelah mereka mendengarkan musik selama satu jam. Tak hanya itu, musik dicampur dengan suara alam membantu orang merasa kurang cemas.

  1. Membantu meringankan gejala depresi

Sebuah ulasan penelitian berjudul Reviewing the Effectiveness of Music Interventions in Treating Depression menyimpulkan bahwa mendengarkan musik, terutama klasik yang dikombinasikan dengan jazz, memiliki efek positif pada gejala depresi, terutama ketika ada beberapa sesi mendengarkan yang dilakukan oleh terapis musik bersertifikat. (*)