242 Hektare Lahan Tebu di Pati Dapat Bantuan Bibit Varietas Unggul

Pati, Mitrapost.com – Percepat program swasembada gula tahun 2023. Pemerintah Kabupaten Pati targetkan peningkatan produksi gula 1.000 ton per hektare tahun ini.

Gunawan, Kepala Bidang Tanaman Perkebunan, Kantor Dinas Pertanian Pati mengungkapkan, percepatan program Swasembada gula ini diwujudkan dengan menyalurkan bibit tebu ke-31 Desa di 8 kecamatan penghasil tebu di Kabupaten Pati. Dengan tujuan meningkatkan produktivitas para petani serta menumbuhkan motivasi agar petani tetap menanam tebu.

“Untuk program peningkatan swadaya gula nasional kami serahkan bibit kepada petani di 8 Kecamatan, 31 Desa. Total penerima ada 34 Kelompok Tani,” terang Gunawan kepada Mitrapost.com, Senin (2/8/21).

Gunawan merinci, saat ini Kabupaten Pati memiliki 242 hektare lahan komoditas tebu aktif. Perhektare lahan bisa menghasilkan tebu kurang lebih 700 kuintal tebu panen. Ekuivalen per satu kuintal tebu bisa menghasilkan 5 kg gula kristal.

Baca Juga :   DKP Pati Targetkan Pendapatan Retribusi TPI 75 Persen pada Triwulan Tiga

Diterangkan bahwa usaha yang paling efektif untuk mencukupi kebutuhan gula nasional adalah dengan meningkatkan produktivitas tebu keprasan. Keprasan adalah tanaman tebu yang tumbuh kembali dari jaringan batang yang masih tertinggal dalam tanah setelah tebu ditebang dan dikepras.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati