oleh

242 Hektare Lahan Tebu di Pati Dapat Bantuan Bibit Varietas Unggul

Pati, Mitrapost.com – Percepat program swasembada gula tahun 2023. Pemerintah Kabupaten Pati targetkan peningkatan produksi gula 1.000 ton per hektare tahun ini.

Gunawan, Kepala Bidang Tanaman Perkebunan, Kantor Dinas Pertanian Pati mengungkapkan, percepatan program Swasembada gula ini diwujudkan dengan menyalurkan bibit tebu ke-31 Desa di 8 kecamatan penghasil tebu di Kabupaten Pati. Dengan tujuan meningkatkan produktivitas para petani serta menumbuhkan motivasi agar petani tetap menanam tebu.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

“Untuk program peningkatan swadaya gula nasional kami serahkan bibit kepada petani di 8 Kecamatan, 31 Desa. Total penerima ada 34 Kelompok Tani,” terang Gunawan kepada Mitrapost.com, Senin (2/8/21).

Gunawan merinci, saat ini Kabupaten Pati memiliki 242 hektare lahan komoditas tebu aktif. Perhektare lahan bisa menghasilkan tebu kurang lebih 700 kuintal tebu panen. Ekuivalen per satu kuintal tebu bisa menghasilkan 5 kg gula kristal.

Baca Juga :   DKP Pati Targetkan Pendapatan Retribusi TPI 75 Persen pada Triwulan Tiga

Diterangkan bahwa usaha yang paling efektif untuk mencukupi kebutuhan gula nasional adalah dengan meningkatkan produktivitas tebu keprasan. Keprasan adalah tanaman tebu yang tumbuh kembali dari jaringan batang yang masih tertinggal dalam tanah setelah tebu ditebang dan dikepras.

Oleh karenanya selain membagikan bibit tebu, Dinas Pertanian juga memantau kegiatan bongkar ratoon, peremajaan atau tanam ulang tebu, agar tebu yang ditanam tepat sasaran.

Ia menargetkan, setelah program bongkar ratoon ini panen tebu di Pati bisa naik 300 kuintal per hektare.

Perlu diketahui, gerakan swasembada gula 2023 terus digencarkan pemerintah lantaran selama ini Indonesia masih defisit gula konsumsi. Ketersediaan gula saat ini dipenuhi dari keran impor.

Baca Juga :   Pemkab Catat Ada 7 Klaster Covid-19 di Pati

Baik untuk gula konsumsi maupun industri defisit tahunan tercatat sebesar 3,62 juta ton. Produksi dalam negeri hanya mampu memenuhi 2,18 juta ton gula dari kebutuhan konsumsi sebesar 5,8 juta ton.

Komoditas tebu sebagai tanaman penghasil gula menjadi salah satu komoditas yang mendapat perhatian khusus. Selain menambah pabrik gula pemerintah mulai gencarkan penyaluran bibit tebu berkualitas.(*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait