oleh

Antisipasi Dampak Kekeringan, BPBD Siapkan Ribuan Liter Air Bersih

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Semarang, Mitrapost.com – Antisipasi dampak kekeringan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang siapkan ribuat liter air bersih.

Air bersih tersebut nantinya akan diberikan di beberapa kecamatan yang rawan terjadi kekeringan.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Semarang Heru Subtoro menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan para camat, terkait risiko kelangkaan air bersih di musim kemarau tahun ini.

“Kami mengharapkan para camat untuk meningkatkan edukasi kepada warga, agar menghemat penggunaan air bersih saat musim kemarau,” kata Heru, di sela-sela penyerahan bantuan sosial kepada korban bencana, di ruang rapat Bupati Semarang, Kamis (12/8/2021) siang.

Adapun di tahun ini, BPBD telah menyediakan anggaran untuk 750 ribu liter air bersih. Sampai dengan awal semester II tahun ini, sudah disalurkan 30 tangki air bersih masing-masing berkapasitas 5.000 liter, ke beberapa desa yang mengalami kelangkaan air bersih, di antaranya Desa Gogodalem, Kecamatan Bringin. Sebagian lagi, dimanfaatkan warga yang menjalani isolasi terpusat di rumah singgah Kopeng Getasan.

Baca Juga :   HUT Bhayangkara ke-75, Mengingat Sejarah dan Jasa Pahlawan

Terkait bencana yang terjadi, Heru menyebutkan sepanjang tahun ini ada 94 kejadian, baik alam maupun nonalam.

“Hari ini diserahkan bantuan sosial berupa uang tunai kepada delapan korban bencana. Jumlahnya disesuaikan dengan tingkat kerusakan dan kerugian. Selain itu ditambah paket sembako gotong royong terdampak Covid-19,” terangnya.

Bantuan uang tunai yang diserahkan, lanjutnya, berkisar Rp3 juta hingga Rp 5 juta per keluarga.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyampaikan rasa duka dan prihatin kepada para warga korban bencana. Dia meminta mereka untuk ikhlas menerima keadaan dan tetap semangat menjalani kehidupan sehari-hari.

“Bantuan uang tunai dan sembako sebagai wujud dukungan Pemkab Semarang kepada warga, agar tabah menerima musibah,” tegasnya. (*)

Baca Juga :   Luncurkan Aplikasi Dumas, Ini Harapan Polda Jateng

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar