oleh

Banyak Warga Belum Mengetahui Kebijakan Ganjil Genap telah Diterapkan di Jakarta

Mitrapost.com– Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo menyebut, pada hari pertama pelaksanaan ganjil genap di Jakarta, banyak masyarakat yang belum mengetahui kebijakan ganjil genap.

“Pada hari pertama tentu masih banyak kendaraan-kendaraan atau masyarakat yang belum mengetahui adanya aturan tersebut,” kata Sambodo di Polda Metro Jaya, Sabtu (18/9/2021). Namun, menurut Sambodo, tak begitu banyak kendaraan yang diputarbalikan karena kebijakan ini.

Bpkad Pati

“Dalam 1 jam itu juga tidak lebih dari 10 kendaraan (yang diputarbalik) karena sebetulnya di dalam (tempat wisata) pengunjung juga belum terlalu banyak,” pungkasnya. Menurut Sambodo, kebijakan ganjil genap bergantung pada penerapan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Kalau memang nanti aturannya (PPKM) berubah ya nanti bisa saja kebijakan ini (ganjil-genap) berubah,” kata Sambodo. Aturan ganjil genap ini diterapkan di berbagai wilayah wisata Jakarta.

Baca Juga :   Kebakaran Rumah Terjadi di Kawasan Padat Penduduk

Pemberlakuan sistem ganjil genap itu mengacu pada Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1096 Tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di Jakarta.

Jalan yang menerapkan sistem ganjil genap yaitu Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur dan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara. Kebijakan berlaku pada Jumat, Sabtu, dan Minggu sejak pukul 12.00 hingga 18.00 WIB.

Kebijakan ganjil genap tetap diberlakukan di daerah DKI Jakarta, yaitu: Jalan MH Thamrin , Jalan Jenderal Sudirman,  dan Jalan Rasuna Said. Sistem ganjil genap di tiga jalan diterapkan mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WIB. Denda maksimal Rp 500.000 dikenakan Setiap pelanggar sistem ganjil genap sesuai dengan pasal 287 UU Lalu Lintas. (*)

Baca Juga :   Libur Panjang, Pemkab Pati Sasar Tempat Pariwisata

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hari Pertama Diberlakukan, Masih Banyak Warga Belum Tahu Ada Ganjil Genap di Tempat Wisata”.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait