Pemkot Surabaya Dorong Partisipasi Masyarakat Sebagai Responden Survei Penilaian Integritas KPK

Surabaya, Mitrapost.com – Pemerintah kota Surabaya mendorong partisipasi masyarakat terpilih sebagai responden survey penilaian integritas (SPI) 2021.

SPI merupakan program Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilakukan oleh PT MarkPlus Inc, untuk memetakan dan memonitor risiko korupsi di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah (KLPD).

Kepala Inspektorat Kota Surabaya, Rachmad Basari mengatakan, SPI adalah survei yang dilakukan untuk memetakan risiko korupsi dan kemajuan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan KLPD. Penilaian survei bersumber dari pemangku kepentingan instansi, yakni penggunaan layanan, pegawai dan eksper.

Dengan adanya survei ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan integritas dalam organisasi, sehingga penilaian lebih objektif.

“Dari hasil SPI ini, Pemkot Surabaya dapat membangun instrumen, mengidentifikasi permasalahan integritas dalam organisasi dan mengumpulkan data dengan lebih objektif. Dengan adanya SPI ini juga dapat diketahui efektivitas dan efisiensi program-program pencegahan korupsi di lingkungan Pemkot Surabaya,” kata Basari di kantornya, Jum’at (15/10/2021).