oleh

Kampung Wisata Keramik Dinoyo Jadi Sarana Edukasi Masyarakat

Malang, Mitrapost.com – Kampung Wisata Keramik Dinoyo menjadi salah satu sarana edukasi bagi masyarakat dan menanamkan kecintaan anak-anak terhadap kerajinan yang terbuat dari keramik.

Salah satunya melalui Festival Keramik Dinoyo, anak-anak diajari bagaimana membuat kerajinan keramik yang menjadi ikon Kampung Dinoyo pada (16/10/2021).

Tour Guide Kampung Wisata Keramik Dinoyo, Juardi mengungkapkan kegiatan anak-anak ini merupakan pengenalan tentang keramik sesuai dengan dunia anak-anak.

Mereka juga diberikan kebebasan untuk menggambar atau membuat mainan sederhana dengan menggunakan bahan baku dari lempung putih.

“Hari ini merupakan bentuk perhatian kami untuk mengedukasi anak-anak bagaimana proses sederhana pembuatan keramik,” jelas Juardi.

Sebelum praktek langsung di Museum Keramik Dinoyo, anak-anak dibawa terlebih dahulu berkeliling ke sentra pembuatan keramik di Dinoyo. Dengan cara ini diharapkan anak-anak memiliki gambaran yang nyata bagaimana keramik dibuat.

Baca Juga :   BMKG Ungkap Penyebab Ribuan Rumah Rusak Saat Gempa Malang 6,1 M

“Saat kami tanya, apakah di rumah ada yang punya perabotan keramik? Anak-anak menjawab tidak ada. Tetapi ketika dijelaskan adanya perabotan seperti piring keramik, cangkir keramik, dan hiasan keramik, anak anak baru tahu apa itu keramik,” ujar Juardi.

Setelah tahu apa itu keramik, Juadi menambahkan, anak-anak baru dibawa mengenal lebih mendalam seperti bahan baku pembuatan keramik. Salah satunya adalah lempung putih, yang merupakan campuran berbagai macam bahan, mulai dari kaulin, pasir kwarsa, ballclay, dan feldspar. “Usai bahan baku dikenalkan, baru anak-anak diajak bermain dengan membuat berbagai mainan dari lempung putih,” kata Juardi.

Tidak hanya mengajak anak-anak untuk bermain, namun juga mengajarkan mereka untuk lebih berani berkreasi dan tidak takut akan kotor membuat keramik.

Baca Juga :   Gempa Blitar M 6,2 Puluhan Rumah Rusak

Salah satu anak peserta pembuatan keramik, Azaria Fahmi Ramadan mengaku senang bisa bermain dan belajar membuat keramik. Kegiatan tersebut juga mengisi waktunya di sela-sela libur sekolah. “Meski capek senang juga belajar membuat keramik. Saya baru tahu hari ini kalau keramik dibuat dari tanah liat,” terang Fahmi. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com . Mari bergabung di Grup Telegram "Mitrapostcom_Official", caranya klik link https://t.me/Mitrapostcom_Official, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar

Berita Terkait