oleh

Pemerintah akan Berikan Diskon 60 Persen+20 Persen untuk Pembayaran Utang Pemerintah, Ini Syaratnya

Mitrapost.com– Pemerintah akan berikan diskon sebesar 60 persen+20 persen bagi masyarakat yang memiliki utang kepada pemerintah. Keringanan kepada debitur akan diberikan melalui crash program yang diterapkan hingga akhir tahun 2021.

Cras program ini membantu keringanan pembayaran utang, dimana objek dapat memanfaatkan program ini adalah debitur melalui UMKM yang nilainya di bawah Rp 5 miliar.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Sedangkan untuk moratorium, objeknya merupakan piutang yang macet karena pandemi COVID-19. Bentuk moratoriumnya pun berupa penundaan penyitaan, penundaan lelang, penundaan paksa badan.

“Sasaran kita adalah para debitur kecil dan pelaku UMKM. Kita menginisiasi bagaimana membantu debitur yang kecil-kecil bisa recovery lagi, bisa meringankan beban mereka dan UMKM bisa melanjutkan usahanya atau membuka usaha baru,” kata Direktur Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-Lain, Lukman Effendi dalam Bincang Bareng DJKN secara virtual, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga :   Kerja Bakti Bersihkan Pantai, Jaga Kelestarian dan Keindahan Alam

Semua hal yang telah disebutkan akan mendapat keringanan dengan catatan piutang sudah  diserahkan pengurusannya kepada Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) paling lambat 31 Desember 2020.

Perlu diketahui, dalam hal ini terdapat dua skema yang diterapkan, penerapan tersebut melalui Peraturan Menteri Keuangan nomor 15 tahun 2021 ini. Pertama diskon sebesar 35% dari utang pokok bagi debitur yang didukung oleh jaminan berupa tanah dan bangunan.

Kemudian diskon kedua akan diberikan kepada debitur yang memiliki utang tanpa jaminan darah sebesar 60 persen dari utang pokoknya.

“Debitur kecil tanpa barang jaminan berarti keinginan membayarnya tinggi sekali. Mereka tetap kooperatif untuk mengembalikan piutang kepada negara meski di tengah COVID-19,” tuturnya.

Baca Juga :   Medina Zein Foto Lebam dan Sebut Suami Pengecut

Debitur bisa mendapatkan diskon tambahan pembayaran utang setelah diskon awal. Diskon tambahan ini diberikan sebesar 20% jika dibayar pada periode Oktober-Desember 2021.
“Apabila debitur dapat melakukan pelunasan pada bulan Oktober sampai dengan tanggal 20 Desember 2021, debitur berhak mendapatkan tambahan keringanan sebesar 20% dari sisa utang pokok setelah diberikan keringanan,” kata Lukman.

Dilansir dari Detik Finance simulasi pembayaran utang dengan diskon 35% dan 60% dirinci sebagai berikut;

Diskon 35% + 20% (bayar Oktober-Desember)

– Sisa utang pokok Rp 100 juta
– Keringanan utang 35% = Rp 35 juta

Jumlah yang harus di bayar Rp 65 juta.

– Tambahan keringanan Rp 65 juta x 20% = Rp 13 juta.

Baca Juga :   Video : Sering Diskon!! 5 Situs Top Up Game Online Termurah

Jumlah utang menjadi Rp 52 juta.

Diskon 60% + 20% (bayar Oktober-Desember)

– Sisa utang pokok Rp 100 juta
– Keringanan utang 60% = Rp 40 juta

Jumlah utang yang harus dibayar Rp 60 juta.

– Tambahan keringanan Rp 60 juta x 20% = Rp 12 juta

Maka jumlah pembayaran utang menjadi Rp 48 juta. (*)

Artikel ini telah tayang di Detik News dengan judul “Bayar Utang ke Pemerintah Diskon hingga 60% + 20%, Ini Syaratnya!”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait