oleh

Harga Bawang Merah di Demak Anjlok

Demak, Mitrapost.com – Harga bawang merah di Kabupaten Demak mengalami penurunan. Berdasarkan catatan Dinas Pertanian Kabupaten Demak harga jual bawang merah di level petani paling tinggi hanya Rp 8.000 per kilogram.

Harga ini sangat anjlok jika dibandingkan dengan harga jual di Pasar Bintoro. Diketahui, harga berada pada kisaran Rp 24.000 sampai dengan Rp 25.000 per kilogram.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Demak, Heri Mulyanta, pihaknya sudah melakukan monitoring ke lapangan untuk memantau kondisi bawang merah yang masih di perkebunan jelang panen. Pihaknya bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Demak turun menampung aspirasi petani bawang merah.

“Kami akan mengadakan rapat koordinasi secara terpadu dengan dinas terkait, “ ungkap Heri kepada awak media, Senin (1/11/2021).

Baca Juga :   Masjid Agung Demak Siapkan Armada untuk Pembagian Daging

Hasil rakor nantinya akan dibawa ke tingkat provinsi guna penanganan lebih lanjut.

Di sisi lain, pihaknya menduga ada permainan harga di level tengkulak. Hingga kini, Jawa Tengah menempati urutan tertinggi untuk sektor penghasil bawang merah di Indonesia.

“Demak rangking 5 nasional sebagai daerah penghasil bawang merah, dan terbesar kedua di Jawa Tengah,” ungkap Heti.

Namun, sayangnya di Demak sendiri belum ada semacam lelang komoditas terpadu maupun asosiasi petani bawang merah yang bisa mengontrol pergerakan perdagangan bawang merah ini.

“Penetapan harga jual bawang merah ditentukan di Pasar Johar Semarang mengingat Jawa Tengah adalah penghasil terbanyak, sehingga daerah lain mengikuti kebijakan harga pasar dari Jateng,” jelasnya.

Baca Juga :   Panen Raya di Lahan 13.000 Ha, Kapolda Jateng Puji Kedisplinan Warga Demak

Di samping itu, penurunan harga bawang merah di Demak di pengaruhi akibat surplus. Hasil panen melimpah sementara konsumen masih tetap tidak ada penambahan.

Menurut Hari, solusi sementara yang bisa disampaikan kepada petani yakni dengan menunda penjualan jika harga masih belum stabil. Dengan menyimpan bawang merah yang sudah dikeringkan menggunakan Solar Dryer Dome membuat bawang merah awet sampai berbulan-bulan, atau bisa juga dengan membuat bawang merah menjadi olahan yakni menjadi bawang goreng ataupun pasta bawang yang memudahkan industri di sektor kuliner. (*)

 

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul “Soal Harga Bawang Merah Anjlok, Ini Kata Dinas Pertanian Demak”.

Komentar

Berita Terkait