oleh

Kos Lebih dari 10 Kamar Akan Dikenakan Wajib Bayar Pajak

Semarang, Mitrapost.com – Rumah kos yang memiliki lebih dari 10 kamar, akan dikenakan wajib bayar pajak. Hal ini berdasarkan keputusan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Kebijakan wajib pajak ini bertujuan untuk menggenjot pendapatan daerah yang berasal dari pajak rumah kos. Saat ini, di kota Semarang terdapat sekitar 600 rumah kos yang diwajibkan untuk membayarkan pajak ke pemerintah kota Semarang.

Data tersebut adalah rumah kos dengan kriteria yang memiliki lebih dari 10 kamar. Sedangkan hingga saat ini pihak Bapenda masih banyak menemukan rumah kos yang seharusnya membayar pajak namun tidak dibayarkan.

“Temuan di lapangan yang belum bayar pajak itu masih banyak, lebih dari 10 kamar jadi mulai 11 kamar itu wajib bayar pajak,” ungkap Kabid Pajak Daerah II Bapenda Kota Semarang, Elly Asmara.

Baca Juga :   Vaksinasi Keempat Akan Difokuskan Bagi Nakes Terlebih Dahulu

Sedangkan, untuk memantau rumah kos yang memiliki lebih dari 10 kamar, pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah kecamatan, kelurahan, hingga tingkat RW dan RT setempat.

Saat ini, kota Semarang sudah termasuk dalam daerah dengan Level 1 PPKM, kelonggaran pun sudah diberikan pada semua sektor. Hal ini memungkinkan akan ada peningkatan hunian rumah kos.

Terlebih Kota Semarang yang sudah masuk Level 1 dalam PPKM Jawa Bali, sangat dimungkinkan hunian rumah kos juga akan meningkat mengingat semua sektor mendapat kelonggaran.

“RT dan RW ini yang paling dekat dan lebih mengetahui kondisi sekitar, jadi kita akan bekerjasama untuk mengetahui mana saja rumah kos yang wajib bayar pajak,” imbuhnya

Baca Juga :   Tak Ada Izin Penjualan, Satpol PP Semarang Sita Puluhan Botol Miras

Ia menyebut jika pajak rumah kos merupakan pajak yang masih menjadi satu bagian dengan pajak hotel. Di Kota Semarang sendiri, dari keseluruhan wajib pajak hotel, 20 persennya adalah wajib pajak rumah kos. Ia pun mengungkapkan bahwa target pendapatan di tahun ini sebesar Rp194 miliar.

“Target kami tahun 2021 ini sekitar Rp194 miliar,” tandasnya. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral