Antisipasi Kekeringan, BPBD Semarang Bangun Sumur Bor

Menurut Afif, di kota Semarang memang terdapat daerah yang akan mengalami kekeringan ketika musim kemarau Panjang, selain bencana banjir dan tanah longsor pada musim penghujan.  Oleh karena itu Pemerintah kota Semarang dalam hal ini BPBD harus menyiapkan langkah- langkah antisipasi untuk menghadapinya.

Diantaranya, yang harus dilakukan, salah satunya ketika terjadi bencana kekeringan, yaitu dengan membuat sumur bor. Dengan begitu, ketersediaan air terpenuhi dari bawah tanah.

“Prinsipnya kami dari DPRD menyetujui dengan beberapa catatan. Yakni, sebelum pembuatan sumur bor harus di lakukan kajian yang mendalam tentang uji kelayakan, ketepatan dan perlu dipertimbangkan juga dampak positif dan negatifnya di wilayah tersebut. Misalkan keberadaanya, apakah mengganggu atau mematikan sumber air sumur-sumur manual yang sudah ada di wilayah tersebut,” katanya.

Baca Juga :   Sumur Bor Bantu Petani Sluke Capai Surplus Padi

Lalu, lanjut Afif, selain itu, pembuatan atau pembangunan sumur bor diprioritaskan untuk daerah rawan kekeringan yang belum terjangkau saluran PDAM. “Selanjutnya, pembuatan sumur oleh pemerintah kota Semarang nantinya bisa digunakan untuk masyarakat umum di sekitar. Paling tidak bisa dimanfaatkan dalam satu Rukun Wilayah (RW) setempat, “pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati