Waspada Terhadap Varian B.1.1.529, Berikut Imbauan WHO

“Ini mencakup epidemiologi Covid-19, tingkat keparahan, efektivitas tindakan kesehatan masyarakat dan sosial, metode diagnostik, respons imun, netralisasi antibodi, atau karakteristik lain yang relevan,” mengutip keterangan pers WHO, Sabtu (27/11/2021).

5. Individu diingatkan agar mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko Covid-19. Diantaranya dengan mengenakan masker secara tepat, kebersihan tangan, menjaga jarak fisik. Selain itu, meningkatkan ventilasi ruang dalam ruangan, menghindari ruang ramai, dan mendapatkan vaksinasi.

Sebagai referensi, WHO memiliki definisi kerja untuk Variant of Interest (VOI) dan Variant of Concern (VOC) SARS-CoV-2.

 

VOI SARS-CoV-2 adalah varian SARS-CoV-2 dengan ciri:

1. Perubahan genetik yang diperkirakan atau diketahui memengaruhi karakteristik virus seperti penularan, keparahan penyakit, pelepasan kekebalan, pelepasan diagnostik atau terapeutik.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 di DIY Terus Alami Peningkatan

2. Telah diidentifikasi sebagai penyebab penularan komunitas atau klaster yang signifikan di banyak negara dengan prevalensi yang relatif meningkat. Baik peningkatan jumlah kasus dari waktu ke waktu maupun dampak epidemiologis nyata lainnya yang menunjukkan risiko terhadap kesehatan masyarakat global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati