BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Ekstrem di Malang

Malang, Mitrapost.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malang mengungkap penyebab cuaca ekstrem yang terjadi selama beberapa waktu terakhir.

Sejak bulan Agustus, sejumlah wilayah, termasuk di Malang Raya diguyur hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi hampir tiap hari. Musim hujan dan cuaca ekstrem ini diprediksi akan terjadi hingga bulan Maret. Sehingga semua elemen masyarakat diimbau ekstra waspada karena berbagai bencana bisa terjadi, seperti halnya pohon tumbang dan angin puting beliung.

Pernyataan itu disampaikan oleh Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Malang, Ahmad Luthfi, S.ST saat ditemui di kantornya pada Senin (27/12/2021). Menurutnya, kewaspadaan harus ditingkatkan karena dalam dua hari berturut-turut beberapa waktu lalu terpantau hujan ekstrim atau hujan dengan intensitas sangat lebat.

Baca Juga :   Hujan Es Terjadi di Malang

“Terukur di salah satu pos pemantau kami dalam waktu 1-2 jam terdeteksi intensitas hujan 66 mm. Sedangkan pada umumnya, dalam 1 jam dikatakan ekstrim kalau pada alat kami terdeteksi lebih 20 mm. Jadi kondisi ini sudah melampaui kriteria ekstrim atau tergolong sangat ekstrim. Kategori sangat ekstrim ini karena disertai angin kencang dengan hujan es,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati