Sistem Lelang Cabai di Lereng Gunung Merbabu Mampu Untungkan Petani

Magelang, Mitrapost.com – Sistem lelang cabai di lereng gunung Merbabu kabupaten Magelang, mampu memberikan keuntungan bagi petani, serta menghindarkan dari tengkulak.

Seperti lelang cabai di rumah Ketua Kelompok Tani Maju Wanteyang, Armando. Suasana ramai pun selalu terjadi setiap harinya.

Sejak siang, petan sudah menyetorkan hasil panenannya. Tidak hanya cabai yang dilelang, namun juga hasil holtikultura lainnya seperti kol, brokoli, terong, kacang panjang, tomat dan semacamnya.

Saat petani menyetor cabai, istri Armando bertugas mencatat berapa banyak cabai yang dilelang. Sedangkan, anggota kelompok tani lainnya, bertugas memilah komoditas. Ada pula yang menimbang.

“Kita bagi-bagi tugas baik laki-laki maupun perempuan,” kata Armando.

Ia mengatakan, sistem lelang ini digagas oleh Kepala Desa Lebak, Anwari, sejak beberapa tahun lalu. Sistem ini dinilai sangat menguntungkan petani karena harga dipatok secara transparan dan riil.

Baca Juga :   Fenomena Tanah Bergerak, 14 KK di Desa Tegalsari Purworejo Mengungsi

“Para petani ini mendapatkan angin segar di tengah pedasnya harga cabai di pasaran,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati