oleh

Penimbun Minyak Goreng di DIY Akan Ditindak Tegas

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Sleman, Mitrapost.com – Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan memberikan tindakan tegas bagi para penimbun minyak goreng.

Bahkan kelangkaan minyak goreng ini masih terjadi di daerah-daerah yang ada di Indonesia. Sejumlah pihak, pun sudah melakukan pemantauan di pasar-pasar yang ada di DIY.

Berdasarkan keterangan dari Kabid Humas Polda DIY Kombes. Pol. Yuliyanto, pada akhir pekan, Direktorat Kriminal Khusus, telah melakukan pemantauan di empat lokasi. Terutama di lokasi yang menjadi gudang distributor minyak goreng dan didapati tidak adanya stok.

“Laporan awal memang di gudang persediaan minyak goreng saat ini kosong karena memang belum ada pengirian dari pusat,” jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada jajaran Polres yang ada di wilayah DIY untuk terus melakukan pemantauan di pasar ataupun tempat yang berpotensi adanya penimbunan minyak goreng. Jika ternyata didapati terdapat pihak yang melakukan penimbunan, maka akan dilakukan tindakan tegas.

Baca Juga :   Siapkan dari Sekarang, Kemenpan-RB Buka Pendaftaran CPNS Formasi 2021

“Seandainya nanti ditemukan ada penimbunan minyak goreng, maka kita akan lakukan tindakan tegas,” jelas Kabidhumas.

Kabidhumas juga menyampaikan, bagi para penimbun akan disangkakan dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan. Sanksi Pasal 107 penjara maksimal lima tahun atau denda maksimal Rp 50 miliar.

Pasal tersebut dapat dikenakan kepada pelaku-pelaku usaha. Yang mana, ditemukan terbukti melanggar larangan menyimpan barang kebutuhan pokok dan atau barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan barang.

Berbagai kebijakan pengendalian harga minyak goreng dalam negeri digulirkan sepanjang Januari-Februari 2022. Meskipun harga rata-rata nasional berangsur turun, harga minyak goreng masih tinggi, yaitu berada di atas harga eceran tertinggi (HET).

Baca Juga :   Berkunjung ke Gunungkidul, Wisatawan Luar DIY Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

Padahal, pemenuhan kebutuhan pasar domestik untuk minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan CPO olahan telah bergulir selama tiga pekan. Namun, lonjakan harga minyak goreng melesat di daerah-daerah seperti tanpa kendali. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar