Pemprov Jateng Siapkan Rp195 Miliar Untuk Bantuan Siswa Swasta

Semarang, Mitrapost.com – Pemerintah provinsi Jawa Tengah menyiapkan anggaran sebesar Rp195 miliar untuk bantuan siswa sekolah swasta.

Bantuan tersebut akan diberikan bagi sekolah swasta SMA/SMK/SLB.

“SMA/SMK/SLB swasta mendapat bantuan Bosda (bantuan operasional sekolah daerah),” tuturnya lebih lanjut.

Berdasarkan catatan yang ada, anggaran BOS daerah pada tahun 2022 total mencapai Rp195.431.400.000. Anggaran tersebut untuk 607.021 siswa, dari 1.917 sekolah.

Hal ini merupakan upaya Pemprov Jateng dalam memerhatikan dunia Pendidikan tingkat menengah ke atas, kejuruan, serta sekolah luar biasa (SLB). Tidak hanya sekolah negeri, namun juga sekolah swasta.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Suyanta mengatakan, pada 2022, untuk SMK/SMA/SLB negeri digelontorkan anggaran yang dinamakan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) pendidikan sebesar Rp769.714.070.000. Anggaran tersebut untuk menggratiskan biaya sekolah.

Baca Juga :   Pencairan PIP, Bank di Lasem Tak Bisa Hindarkan Kerumunan

Ditambahkan, kebijakan penggratisan biaya sekolah ini berasal dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Kebijakan penggratisan SMA/SMK/SLB negeri bertujuan memperluas akses pendidikan. Sehingga siswa kurang mampu dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah. Meskipun sekolah gratis, tetapi mutu pendidikan tetap diperhatikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati