oleh

Dindukcapil Mulai Lakukan Perekaman Data Calon Pemilih Pemula

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Temanggung, Mitrapost.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) kabupaten Temanggung mulai melakukan perekaman data calon pemilih pemula.

Perekaman tersebut berlangsung di Ruang Pelayanan Dindukcapil, Senin (21/3/2022). Turut dihadiri Bupati Temanggung HM Al Khadziq.

Perekaman data ini dilakukan sebagai langkah persiapan menuju Pemilu 2024.

“Hari ini Dindukcapil Kabupaten Temanggung melakukan perekaman KTP elektronik untuk warga yang lahir sebelum tanggal 27 November 2007. Ini dilakukan sebagai persiapan untuk pelaksanaan menuju Pemilu tahun 2024. Maka saya bersama dengan KPU dan Bawaslu menyaksikan pelaksanaan perekaman KTP elektronik. Sukseskan Pemilu 2024,” kata Bupati.

Kepala Dindukcapil Temanggung Bagus Pinuntun menerangkan bahwa perekaman data tersebut ditargetkan dengan batas waktu hingga bulan Oktober.

Baca Juga :   Belasan Pedagang Positif Covid-19, Pasar di Boyolali Ditutup 7 Hari

Hal ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Dirjen Dukcapil di Bali pada Februari lalu. Bahwa Kemendagri, dalam hal ini Dirjen Dukcapil harus menyerahkan data calon pemilih yang sudah direkam satu setengah tahun sebelum pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024.

“Maka hari ini, kita mulai kick off, yang sudah di kick off oleh Pak Bupati, dengan target merekam 50.000 calon pemilih pemula yang Insyaallah akan kita lakukan perekaman. Batas waktu yang ditentukan bulan Oktober, Kabupaten Temanggung bisa menyerahkan daftar calon pemilih tahun 2024, sambil kita bersihkan data calon yang sudah meninggal. Jadi data betul-betul bersih,” katanya.

Lanjut Bagus, jumlah data calon pemilih pemula ini terbagi menjadi dua. Diantaranya adalah 43 persen yang ada di sekolah dan 57 persen di desa.

Baca Juga :   Ganjar Imbau Warga Jateng di Perantauan Tak Mudik Dulu

Sedangkan untuk tahap satu, dikhususkan untuk pelajar dari SMA Negeri 1 Temanggung sebanyak 900 siswa.

“Data siswa yang akan direkam seluruhnya 31.000. Area Temanggung akan direkam di sini (Dindukcapil), kemudian area Pringsurat kita akan koordinasikan dengan SMA N 1 Pringsurat, Parakan dengan SMA N 1 Parakan, Candiroto dengan SMA N 1 Candiroto. Setelah itu, baru kita akan lakukan jemput bola perekaman ke desa-desa,” katanya.

Ketua KPU Temanggung Yusuf Hasyim mengapresiasi langkah Dindukcapil dengan melakukan perekaman ini, nantinya akan diterima KPU untuk DP4 atau daftar pemilih yang diverifikasi melalui PPDP Kemendagri.

“Jadi perekaman KTP elektronik ini merupakan langkah luar biasa bagi KPU,” ujarnya. (*)

 

Komentar