Sejarah May Day atau Hari Buruh Internasional

Mitrapost.com – Hari Buruh Internasional atau May Day diperingati setiap tanggal 1 Mei di seluruh dunia. Hari Buruh 2022 diperingati pada hari ini, Minggu 1 Mei 2022.

Hari Buruh mempunyai sejarah panjang yang berasal dari aksi demonstrasi oleh serikat buruh di Amerika Serikat pada 1 Mei 1886.

Sejarah Hari Buruh Internasional

Diawali adanya aksi buruh pada masa itu yang menuntut pemberlakuan sistem 8 jam kerja per harinya. Bahkan pada saat itu buruh masih dituntut untuk bekerja selama 16 jam per harinya.

Demonstrasi tersebut dilakukan dengan aksi mogok kerja massal baik di kota besar maupun kota kecil oleh 300.000 buruh hingga 500.000 pekerja AS.

Aksi buruh tidak hanya dilakukan selama satu hari melainkan selama beberapa hari. Majalah TIME menyatakan bahwa ada aksi di alun-alun Haymarket yang menyebabkan kerusuhan.

Baca Juga :   PPDB Sebentar Lagi, Inilah Daftar 5 Besar SMA Terbaik di Kabupaten Pati

Tragedi Haymarket Riot

Haymarket Riot merupakan tragedi kekerasan yang melibatkan polisi dan buruh yang tengah unjuk rasa di Chicago pada 4 Mei 1886.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati