Bercermin dari Kisah Azazil, Inilah Mengapa Manusia Tidak Boleh Sombong

Namun, Iblis yang cerdik meminta kepada Allah SWT untuk ditangguhkan hukumannya hingga hari kiamat tiba. Allah SWT mengabulkan permintaan terakhir tersebut.

Iblis berencana untuk menggoda manusia agar terjerumus kepada perbuatan yang sama dengannya dan menarik sebanyak-banyaknya umat manusia ke dalam neraka.

Hal tersebut sebagaimana yang difirmankan Allah SWT dalam Al Quran surat Al A’raf ayat 16-17 yang berarti:

“Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).”

Baca Juga :   Kuliner Sate Unik dari Berbagai Daerah di Indonesia

Namun meski begitu, Allah SWT telah memberikan pengetahuan dan pegangan Al Quran terhadap manusia agar dapat selamat dari jerat iblis di dunia, hingga dapat menjadi penghuni surga di akhirat nanti.

Sesungguhnya godaan Iblis itu sangat lemah, kecuali manusia mengikuti apa yang Iblis perintahkan. Sehingga menjadi hal yang aneh apabila Iblis yang merupakan musuh manusia, dijadikan sebagai tempat meminta tolong atau bahkan dijadikan teman hanya demi meraih harta dan kekayaan di dunia.