oleh

CCTV Hilang, Komnas HAM Sebut Dugaan Pengaburan Fakta Kasus Brigadir J

Mitrapost.com – Komnas HAM mengungkapkan bahwa adanya dugaan pengaburan fakta dalam kasus kematian Brigadir J. CCTV rekaman kejadian hingga kini masih dicari.

“Data komunikasi mereka seperti saya katakan tempo hari akan sangat kesulitan mendengarkan keterangan dari orang per orang, dia dibantu oleh CCTV yang sekarang sedang dicari, juga alat komunikasi menjadi data pendukung untuk memperjelas masalahnya,” kata Taufan di Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, dikutip dari Detik News, pada Selasa (9/8/2022).

Ia kemudian menyebutkan adanya pengaburan fakta setelah memeriksa 10 ponsel terkait kasus Brigadir J. Pihaknya mencocokkan hasil temuan itu dengan keterangan saksi. Dari hal tersebutlah ditemukan adanya indikasi pengaburan fakta.

Baca Juga :   Ferdy Sambo Sampaikan Maaf terhadap Kasus Pembunuhan Brigadir J

“Masih indikasi-indikasi hampir sama dengan yang diperiksa Inspektorat khusus ya bahwa ada dugaan-dugaan misalnya pengaburan fakta itu kan makanya Kapolri mengambil tindakan meminta irsus memeriksa itu. Dalam pemeriksaan kami juga ada indikasi-indikasi itu,” tutur dia.

CCTV dan alat komunikasi yang menjadi kunci bagaimana kejadian penembakan yang dilakukan kepada Brigadir J.

“Ada upaya-upaya untuk pengaburan karena itu kita minta kita dorong penyidiknya timsus itu bekerja lebih maksimal, terutama menemukan CCTV itu, karena itu penting sekali,” tutur dia.

“Selain CCTV itu apa? Jejak komunikasi yang lain, supaya tidak kemudian semata-mata mengandalkan keterangan orang per orang. Kalau keterangan orang per orang coba dilihat awal dikatakan begini, untuk pembandingnya kan sulit maka kembali ke dia, ketika dia mengubah keterangannya konstruksi peristiwa bisa berubah kan. Tapi kalau misalnya alat dukung tadi itu, bukti-bukti pendukung itu didapatkan, maka akan lebih mudah untuk mengonstruksikan peristiwanya,” tambah dia. (*)

Baca Juga :   Gelembung NFT Dinilai Akan Segera Pecah

Artikel ini telah tayang di Detik News dengan judul “Komnas HAM: Ada Upaya Pengaburan Fakta di Kasus Tewasnya Brigadir J”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral