oleh

Ngeri, 5 Orang Digigit Ular Berbisa di Banten

Mitrapost.com – Sebanyak lima orang warga Baduy di Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Banten mengalami kejadian nahas digigit ular berbisa dalam kurun waktu dua bulan.

Diketahui bahwa ular tersebut merupakan jenis ular tanah. Sukirno selaku Kepala TU Puskesmas Bojongmanik mengungkapkan para warga digigit pada area tangan atau kaki.

“Warga Baduy satu orang itu digigitnya akhir bulan Juli lalu, terus bulan Agustus ini ada empat orang. Iya jadi lima orang,” kata Sukirno, dikutip dari Detik News, pada Selasa (9/8/2022).

Kemudian, Sukirno menjelaskan ular berbisa memang banyak ditemui warga Baduy di ladang. Terlebih cuaca saat ini yang tidak menentu.

“Kadang-kadang hujan, terus panas nanti hujan lagi, yah mungkin jadi pemicu ular keluar. Kan kaya gitu juga nggak bisa disangka. Ternyata (ular) ada di ladang atau di dekat rumah,” tuturnya.

Baca Juga :   Ngeri! Kisah Rumah Peninggalan Belanda di Bondowoso

Lima orang yang terkena serangan ular berbisa itu pun dilarikan ke puskesmas untuk diberi perawatan. Mereka diberikan obat anti bisa.

“Kalau sesuai prosedur diberi anti bisa ular itu atau ABU di sini kenalnya. Yang namanya digigit ular pasti luka, tapi Alhamdulillah lukanya nggak begitu parah, yang parahnya kan bisa ularnya. Hampir sehari dirawat, setelah itu boleh pulang,” kata Sukirno. (*)

Artikel ini telah tayang di Detik News dengan judul, “5 Warga Baduy Digigit Ular Berbisa dalam 2 Bulan”