Narkoba Makin Meresahkan, Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Edukasi Bahaya Narkoba dari Berbagai Aspek

Semarang, Mitrapost.com – Narkoba merupakan psikotropika dan obat-obatan terlarang, contoh jenis narkotika antara lain psychotropic, cocaine, nicotine, dan heroin.

Narkoba sebenarnya memiliki kegunaan pada saat operasi untuk membius pasien dan untuk obat pada penyakit-penyakit tertentu. Namun penyalahgunaan narkoba sering ditemui di tengah masyarakat.

Dikutip dari data Badan Narkotika Nasional (BNN), tingkat penyalahgunaan narkoba di Indonesia telah meningkat dari 0,15 persen menjadi 1,95 persen atau setara 3,66 juta penduduk pada tahun 2021. Konsumsi narkoba sudah banyak disalahgunakan oleh berbagai kalangan masyarakat sehingga hal ini menjadi salah satu bentuk keresahan yang berdampak buruk pada generasi muda di Indonesia.

Menanggapi realita tersebut, mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro (KKN UNDIP) mengadakan dengan tema “Satu Langkah Bersama Membangun Generasi SECRE (Sehat, Cerdas, dan Berprestasi) Tanpa Narkoba” yang diadakan bertepatan dengan hari anak nasional pada 23 Juli 2022 di Balai Kelurahan Tlogosari Wetan. Seminar ini mengundang pembicara Chandra Eka Sariningsih, S.Sos., M.A dari BNN Provinsi Jawa Tengah