oleh

12 Tips Memilih Travel Umrah Aman dan Nyaman

Travel Umrah yang aman dan terpercaya merupakan idaman bagi setiap Calon Jemaah Ibadah Umrah. Dengan adanya biro umrah ini, Para Calon Jemaah akan dimudahkan dalam proses menunaikan ibadah umrah. Biro tersebut menyediakan berbagai paket umrah yang bisa Anda pilih sesuai minat dan kemampuan. Fasilitas yang ditawarkan pun sangat lengkap.

Pada dasarnya, setiap tahun peminat ibadah umrah kian meningkat. Hal tersebut disebabkan karena proses untuk menunaikan ibadah haji membutuhkan waktu yang lama. Harus melewati masa tunggu yang panjang hingga puluhan tahun setelah daftar. Tidak heran jika sebagian masyarakat Indonesia lebih memilih ibadah umrah karena bisa dilakukan kapanpun tanpa harus menunggu lama bertahun – tahun.

Pengertian Umrah

Umrah merupakan ibadah dalam umat Islam yang dilaksanakan di Mekah khususnya di Masjidil Haram. Ibadah umrah hampir sama dengan ibadah haji. Perbedaannya adalah ibadah umrah hanya melakukan serangkaian ibadah tawaf atau mengitari Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran, sai atau berlari – lari kecil di antara dua bukit Shafa dan Marwah, lalu diakhiri dengan tahalul atau memotong sebagian rambut kepala. Umrah secara bahasa artinya berkunjung ke suatu tempat.

Syarat seseorang dapat melakukan ibadah umrah yaitu :

  1. Islam

Selain umat Islam, seseorang tidak diwajibkan melaksanakan ibadah umrah. Apabila seseorang tersebut melakukan ibadah umrah, maka ibadahnya tidak sah.

  1. Berakal

Orang yang tidak berakal tidak diwajibkan melakukan ibadah umrah.

  1. Baligh

Seseorang yang belum mencapai masa baligh apabila melakukan ibadah umrah maka ibadah umrahnya dianggap sah, namun tidak mencukupi fardhu Islam. Orang yang belum baligh tersebut tidak ada kewajiban melaksanakan ibadah umrah sampai orang tersebut mencapai masa baligh nya.

  1. Merdeka

Seseorang yang tidak mampu meninggalkan majikannya tidak diwajibkan melaksanakan ibadah umrah.

  1. Mampu Melaksanakan Umrah

Apabila seseorang mampu secara financial, tetapi fisiknya tidak memungkinkan, maka dia dapat mewakilkan orang lain untuk melaksanakan ibadah umrah atas namanya. Orang yang mampu secara fisik, tetapi tidak mampu secara financial, maka dia tidak wajib melaksanakan ibadah umrah.

 

 Tips Memilih Travel Umrah

Tips Memilih Travel Umrah Aman dan Nyaman-2

Di Indonesia banyak sekali bermunculan perusahaan yang memberikan jasa atau biro perjalanan umrah yang sering disebut travel umrah. Biro ini menyediakan layanan umrah ke tanah suci dengan rentang harga yang relative beragam.

Baca Juga :   H Faisal Terjun Dalam Dunia Politik

Travel umrah berguna untuk membantu mempersiapkan segala keperluan terkait perjalanan ibadah umrah seperti pengurusan visa, tiket pesawat, booking hotel, konsumsi Jemaah, transportasi selama beribadah umrah, dan jasa pendampingan selama menjalankan ibadah umrah. Biro ini akan membantu jemaah untuk menunaikan ibadah umrah dengan lebih mudah, aman, dan nyaman.

Berhati-hati dalam memilih travel umrah yang aman dan terpercaya adalah hal yang dianjurkan. Karena akhir – akhir ini terdapat beberapa kasus penipuan yang dilakukan oleh biro yang tidak bertanggung jawab, sehingga merugikan para calon Jemaah yang akan melakukan ibadah umrah. Jadi jika ingin menunaikan ibadah umrah dengan nyaman pastikan travel yang Anda pilih terbukti aman dan terpercaya. Lantas bagaimana cara memilih travel umrah yang aman dan terpercaya? Berikut adalah tips untuk memilih travel umrah terbaik agar ibadah menjadi nyaman dan tentram :

  1. Pilih Biro Travel Resmi yang Terdaftar di Kementrian Agama

Calon Jemaah disarankan memilih travel umrah yang terdaftar di Kementrian Agama agar tidak menimbulkan perasaan resah saat memutuskan beribadah ke Tanah Suci. Pastikan biro travel umrah atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) yang akan digunakan sudah mengantongi izin dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Kementrian Agama Republik Indonesia sendiri telah memberikan akses yang mudah untuk memeriksa perizinan biro travel umrah di simpu.kemenag.go.id.

 

Selain masalah izin, disarankan juga agar calon Jemaah memilih travel umrah yang memiliki seluruh legalitas lengkap. Sebenarnya jika travel umrah tersebut sudah terdaftar di Kementrian Agama Republiki Indonesia, maka bisa dikatakan bahwa legalitasnya sudah lengap. Pasalnya, untuk bisa terdaftar di Kementrian Agama, persyaratan yang diperlukan sangat banyak dan lengkap serta mencakup legalitas tersebut.

 

  1. Periksa Alamat Kantor Travel

Sebelum memastikan untuk menggunakan jasa travel umrah tertentu, pastikan dahulu alamat kantornya. Buktikan bahwa kantor biro travel tersebut benar – benar ada dan bisa dipercaya. Hal ini memang perlu dilakukan terutama apabila calon Jemaah mencari biro travel melalui internet.

 

  1. Perhatikan Rekam Jejak Biro Travel

Selain memeriksa perizinannya dan memeriksa alamat pasti kantornya, Para Calon Jemaah juga harus mengetahui rekam jejak dari travel umrah yang bersangkutan. Travel umrah yang baik dan dapat dipercaya pasti memiliki rekam jejak yang bagus juga. Rekam jejak ini bisa diperhatikan mulai dari tanggal didirikannya.

 

Idealnya, semakin lama travel umrah tersebut berdiri, maka semakin banyak pula pengalaman yang dimilikinya. Selain dari tanggal berdiri, calon Jemaah juga bisa memperhatikan jumlah jemaah umrah yang diberangkatkan. Singkatnya, semakin rutin dan sering travel umrah tersebut memberangkatkan jamaah, ini menunjukkan bahwa travel umrah yang dimaksud kredibilitasnya bagus. Buktinya ada banyak orang yang mempercayakan perjalanan ibadah umrahnya kepada biro tersebut.

 

  1. Cek Biaya

Setiap travel umrah akan mematok harga yang bervariatif, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. Harga minimal baik umrah maupun haji telah ditentukan oleh Kementrian Agama. Jadi, untuk menilai wajar atau tidaknya harga yang ditawarkan oleh suatu biro travel, calon Jemaah wajib mencari tahu informasi harga rinci terlebih dahulu. Pastikan biaya umrah yang ditawarkan realistis, sesuai dengan fasilitas dan jadwal yang diberikan. Hindari memilih travel umrah yang menawarkan biaya yang sangat murah, namun tidak sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Jemaah juga harus waspada apabila ada biro travel yang menawarkan harga promo yang memberikan harga paket umrah terlalu murah.

Baca Juga :   Pola Asuh Kurang Tepat Jadi Salah Satu Penyebab Lokus Stunting di Kecamatan Kayen

 

Maka dari itu, Calon Jemaah perlu melihat perbandingan biaya umrah di setiap biro travel umrah, serta memilih fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan. Jemaah juga bisa menghitung biaya umrah dan mengecek kesesuaiannya dengan paket yang ditawarkan. Jika harga masih masuk akal, Jemaah bisa mempertimbangkan travel umrah yang bersangkutan.

 

  1. Cek Fasilitas yang Diberikan

Selain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat memilih travel umrah, mengecek harga yang ditawarkan juga membantu untuk memperkirakan fasilitas apa yang akan didapatkan jemaah. Kenyamanan saat melakukan perjalanan dan saat berada di Tanah Suci harus dipastikan, dengan cara mengecek fasilitas apa saja yang akan Jemaah dapatkan.

Cari informasi yang jelas mengenai maskapai apa yang akan digunakan, nama hotel beserta kualitasnya, sesi makan yang didapatkan, transportasi yang akan digunakan, kuota bagasi, jatah air zam-zam, serta kehadiran muthawif, manasik, hingga pajak yang harus jemaah bayar.

 

  1. Cara Pembayaran

Biro travel umrah yang baik dan terpercaya akan menggunakan rekening yang mengatasnamakan biro tersebut. Waspada jika biro travel menggunakan rekening pribadi sebagai tujuan pembayaran. Hal tersebut dapat teridentifikasi penipuan. Jemaah perlu memastikan metode dan mekanisme pembayaran travel umrah yang pasti.

Travel umrah yang baik pastinya akan terbuka mengenai fasilitas apa saja yang akan didapat dan fasilitas apa saja yang harus dibayar sendiri, karena tidak termasuk dalam fasilitas yang disediakan travel umrah.

 

  1. Cari Informasi Mengenai Biro Travel

Sebelum memilih biro travel, sebaiknya Calon Jemaah mencari informasi suatu biro yang akan dituju kepada orang terdekat yang pernah melakukan perjalanan ibadah umrah. Pilihlah biro travel dari rekam jejak yang ia miliki. Jika orang terdekat pernah menggunakan layanan biro travel tersebut dan menyukainya, maka Calon Jemaah bisa bernapas lega dan mempercayakan uang dengan sepenuh hati. Tanya informasi sebanyak mungkin seperti kepuasan fasilitas dan pelayanan yang diberikan biro travel umrah tersebut.

Selain mencari informasi melalui orang terdekat, Para Calon Jemaah juga bisa mencari tahulebih lanjut soal travel tersebut di internet, mulai dari bagaimana respons para jemaah sampai berapa jemaah yang pernah mereka berangkatkan.

  1. Pembimbing

Pastikan travel umrah yang dipilih menyediakan jasa pembimbing yang akan menemani Jemaah selama melakukan ibadah di Tanah Suci. Pembimbing ini biasanya berperan sebagai penerjemah saat Jemaah berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, kemudian mengarahkan Jemaah dalam memenuhi rukun umrah, memandu saat berkunjung ke tempat wisata, dan lain sebagainya.

  1. Jadwal Keberangkatan Pasti

Travel umrah yang aman adalah travel umrah yang memberikan jadwal yang pasti dan detail (Tanggal dan hari). Biro travel tersebut berarti sudah memiliki kuota visa di setiap tanggal keberangkatan. Hindari travel umroh yang meminta untuk menunggu selama satu atau dua tahun dengan alasan yang tidak jelas. Ibadah umrah berbeda dengan ibadah haji. Tidak ada daftar antrian, dan travel umrah yang terpercaya bisa memberikan jadwal yang jelas.

  1. Durasi

Durasi umrah pada umumnya adalah 6-7 hari ditambah dengan perjalanan pulang-pergi menjadi 9 hari. Banyak biro perjalanan umrah menawarkan paket plus atau paket tambahan dengan mengunjungi wisata-wisata religi di negara-negara terdekat seperti Turki, Mesir, atau Palestina. Dan durasinya menjadi semakin panjang hingga 12-14 hari. Sebaiknya, pilihlah paket umrah dengan durasi sesuai kemampuan calon Jemaah.

  1. Cek Visa dan Persyaratan Lain

Pastikan calon Jemaah mengetahui persyaratan yang telah ditetapkan oleh biro travel. Periksa secara berkala tentang status visa umrah yang diajukan oleh pihak travel. Visa untuk menjalankan ibadah umrah berbeda dengan visa liburan. Maka dari itu, pastikan bahwa kuota visa dari pihak travel adalah khusus untuk ibadah umrah. Agar jemaah tidak mendapat masalah dengan pihak imigrasi Arab Saudi ketika tiba.

Baca Juga :   Fenomena Tanaman Menghasilkan Emas, Ahli IPB Beri Penjelasan

Jangan lupa persiapkan juga persyaratan yang telah ditentukan oleh biro travel perjalanan. Umumnya, calon jemaah akan dimintai KTP, Paspor, surat keluarga, dan lain-lainnya. Persyaratan ini bisa dilengkapi sebelum mendaftar umrah di biro travel.

  1. Masa Tunggu

Masa tunggu menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui jemaah umrah. Menurut Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 8 tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia, batas waktu masa tunggu umrah maksimal adalah 6 bulan dari pertama kali jemaah mendaftarkan. Masa tunggu dengan batasan waktu maksimal ini bertujuan untuk mengurangi biro – biro travel umrah nakal yang menjanjikan untuk memberangkatkan umrah secepatnya. Jadi, hindari agen travel umroh murah yang menawarkan keberangkatan yang tidak masuk akal.

Memilih travel umrah yang terpercaya memang harus jeli. Namun, hal ini diperlukan supaya waktu dan biaya yang dikeluarkan tidak sia – sia. Salah satu biro travel umrah yang bisa dipercaya dan Amanah ialah PT. Dewangga Lillhajj Wal Umrah. Biro travel ini memiliki banayk kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Pati. PT. Dewangga Lillhajj Wal Umrah Kabupaten Pati berkomitmen sebagai biro travel berizin resmi dari Kementrian Agama Republik Indonesia No. D/606 Tahun 2013. Fasilitas yang disediakan lengkap, harga bersaing, tim pembimbing yang professional. Para Calon Jemaah tidak perlu khawatir karena biro travel ini terbukti aman dan terpercaya.

Jika berminat, hubungi nomor telepon ini +62 821-3869-9954.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral