Terdampak Kenaikan Harga BBM, Pemprov Jateng Siapkan Skema Insentif Untuk Petani

Semarang, Mitrapost.com – Menjadi salah satu pihak yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), pemerintah provinsi Jawa Tengah menyiapkan skema insentif untuk para petani.

Hal tersebut disampaikan oleh gubernur Jateng Ganjar Pranowo usai melakukan peninjauan di kabupaten Semarang.

“Ada pertanyaan menarik tadi dari petani, Pak kami sulit beli solar untuk rice mill, pompa air pertanian, dan traktor. Ini tiga yang mereka hari ini keluhkan,” kata Ganjar, seusai meninjau Gapoktan Tani Subur di Desa Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Selasa (13/9/2022).

Dengan adanya berbagai kesulitan yang dihadapi petani di Jateng, Ganjar mengatakan bahwa pihaknya sudah meminta kepada Dinas Pertanian untuk melakukan pendampingan.

Baca Juga :   Kesulitan Memilih Benih Padi Berkualitas, Bupati Akan Kirim Petani Studi Banding ke Sukamandi

Kemudian terkait dengan BBM yang digunakan petani untuk mengolah pertanian, Ganjar mengatakan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan Pertamina terkait pola distribusi solar bagi petani.

“Masalah yang sempat diviralkan di Blora, itu sebenarnya salah satu saja contoh yang konkret. Mereka tidak bisa mengakses dan itu butuh izin, butuh rekomendasi dari Dinas Pertanian. Maka saya minta daftar saja, rice mill, pompa, traktor, butuhnya berapa? Nanti kita arahkan pada titik tertentu diakses pelayanan di SPBU-nya,” jelas Ganjar.