oleh

Hingga Akhir Tahun 2022, Dinkes Pati Targetkan Pemberian TTD Remaja Putri Capai 80 Persen

Pati, Mitrapost.com – Dalam pelaksanaan program pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja putri di Pati, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati targetkan Capaian pendistribusian TTD hingga lebih dari 80 persen sampai akhir tahun 2022 mendatang.

Pernyataan tersebut, disampaikan langsung oleh Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Keluarga (Kesga) dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Kasriatun saat ditemui di kantor oleh tim mitrapost.com belum lama ini.

“Kalau untuk target mas, Insyaaallah dan semoga saja pada tahun ini bisa lah kalau 80 persen minimal, atau justru bisa lebih,” katanya.

Pihaknya mengaku bahwa dengan mulai melandainya kasus Covid-19 dan penerapan Pembelajaran Tatap Muka di sekolah, ia optimistis akan mencapai angka tersebut.

Baca Juga :   Kasus Gizi Buruk di Pati Mengalami Peningkatan, Ekonomi Keluarga Bukan Faktor Utama

Menurut data yang disampaikannya, setidaknya hingga semester I tahun 2022, pendistribusian TTD sudah mencapai 46,9 persen.

“Apalagi dengan PTM sudah diterapkan semoga saja bisa tercapai, kalau dilihat dari data terakhir sudah 46,9 persen, iyakan sudah hampir 50 persen itu, itu semester I kemarin,” jelasnya.

Angka tersebut, menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Melalui data tersebut pula, pemberian TTD pada tahun 2021 hanya mencapai 17 persen hingga akhir tahun.

“Dan peningkatan dari data yang terhimpun sudah sangat baik dan yang jelas meningkat, karena tahun lalu itu hanya 17 persen mas,” terang Kasriatun

Lebih lanjut, Kasriatun menjelaskan beberapa program terobosan dalam mensukseskan gerakan TTD telah dilakukan pada tahun 2022.

Baca Juga :   Dinkes Pati Pastikan Obat ARV Tersedia Gratis bagi Orang dengan HIV

Adapun salah satu langkah yang dilakukan, yakni melalui Gerakan Rabu Minum Tablet Tambah Darah bagi remaja putri (Gerabratri) secara serentak oleh siswa di sekolah dengan didampingi langsung ke Leh tenaga kesehatan dari Puskesmas terdekat. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral