Interaksi Sosial Penyandang Disabilitas di Rembang Masih Minim

Rembang, Mitrapost.com – Interaksi sosial Individu Berkebutuhan Khusus (IBK) atau penyandang disabilitas di Kabupaten Rembang masih minim.

Hal ini disampaikan Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi NPCI Jateng Slamet Widodo saat pemanduan bakat olahraga dissabilitas di Gedung PKPRI Kabupaten Rembang, Jumat (30/09/2022).

Widodo mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa Kabupaten yang berjumlah sekitar 700.000 penduduk terdapat 10 persen orang penyandang disabilitas.

Ia menjelaskan, sekitar 70.000 individu yang berkebutuhan khusus di Kabupaten Rembang. Namun hanya sebagian kecil yang mengikuti event pemanduan bakat olahraga dissabilitas.

Lebih lanjut, penduduk penyandang disabilitas di Kabupaten Rembang, besar kemungkinan masih disembunyikan di dalam rumah, tidak pernah bersosialisasi, dan tidak pernah keluar.

Baca Juga :   BPBD Kabupaten Rembang Ungkap Kejadian Bencana Sepanjang 2021 Ini

“Adik- adik yang ikut Talens Scouting sebagian kecil dari Dissabilitas yang ada di Kabupaten Rembang berdasarkan data yang saya lihat dari BPS itu penduduk di Rembang kurang lebih tahun 2017 ada 628.000 jiwa penduduk. kalau sekarang 700.000 jumlah penduduk. Penyandang dissabilitas sekitar 10 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Rembang,” kata Widodo.

Sementara pemanduan bakat olahraga yang di Rembang hanya diikuti 50 peserta baik dari Sekolah Luar Biasa (SLB) maupun dari umum.

“Yang ikut hanya sebagian kecil 50 orang tetap bersosialisasi adik – adik harus menjadi orang yang hebat,” ungkap Widodo.

Menurutnya, disabilitas bukan berarti menjadi hambatan untuk menjalani kehidupan. Penyandang disabilitas tidak berarti mereka tidak bisa melakukan apa-apa.

Baca Juga :   Perusahaan di Pati Diminta Beri Kuota 1 Persen untuk Penyandang Disabilitas

“Mereka sama seperti kita, hanya saja memiliki cara yang berbeda dalam melakukan suatu aktivitas yang tidak dapat mereka lakukan karena keterbatasannya,” tandasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati