Dewan Soroti Kasus TBC Resisten Obat di Pati Masih Tinggi

Pati, Mitrapost.com – Kasus Tuberculosis (TBC) Resisten Obat (RO) di Kabupaten Pati masih tinggi. Hingga bulan November 2022 ini, setidaknya terdapat 19 kasus.

Adapun TBC RO adalah infeksi Tuberkulosis yang menyerang tubuh disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang kebal obat. Hal itu terjadi karena pengobatan yang tidak benar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Aviani Tritanti Venusia menjelaskan, kasus TBC di Pati sebenarnya masih banyak yang belum ditemukan. Saat ini baru sebanyak 65 persen dari target temuan yang mereka lakukan.

“Kita akan terus berusaha melibatkan semua sektor untuk menemukan kasus dan mengobati sampai sembuh. Penyakit ini bisa disembuhkan. Sudah ada obatnya, memang harus sabar, karena waktu pengobatannya bisa mencapai enam bulan,” kata dia.

Baca Juga :   Isu Perpecahan Jadi Tantangan Mempertahankan Kemerdekaan

Ia menambahkan, obat untuk TBC bisa didapatkan secara gratis di puskesmas dan fasilitas kesehatan lain seperti RSUD.

Adapun data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pati menunjukkan, pada tahun 2019 dari 973 suspek terkonfirmasi 29 kasus positif TBC RO. Sementara pada tahun 2020, dari 470 suspek terkonfirmasi 18 kasus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati