Banyak Kasus Anak di Rembang Salah Pilih Jurusan Kuliah

Rembang, Mitrapost.com – Banyak kasus anak di Rembang yang salah dalam memilih jurusan saat ingin kuliah ke perguruan tinggi.

Hal ini diungkapkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Jawa Tengah, Drs. Sugiyanto saat kegiatan pameran pendidikan di balai Kartini Selasa sampai dengan Rabu (17-18) Januari 2023.

Drs. Sugiyanto mengungkapkan bahwa sesuai laporan dari Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Kabupaten Rembang, menemukan banyak sekali pelajar salah dalam memilih jurusan.

Kondisi ini dikarenakan adanya tuntutan dari orang tua pelajar yang akan masuk ke perguruan tinggi. Sehingga anak tidak dapat memilih jurusan yang diinginkan.

Kemudian, disebabkan oleh teman sebaya dengan mengikuti jurusan yang diinginkan teman bukan pilihan dalam dirinya. Kondisi ini menyebabkan anak tidak dapat menyesuaikan materi dengan kemampuannya.

“Karena sesuai laporan dari MGBK, banyak anak salah di dalam memilih jurusan karena satu karena pilihan orang tua karena anak suka A tapi orang tua di jurusan B dan karena anak ikut temannya ikut- ikutan sehingga di dalam perguruan pun anak tidak berprestasi karena anak sesuai apa yang diinginkan,” ucap Sugiyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati