Dapatkan Premi 80 Persen, Dispertan Pati Sebut Petani Masih Enggan Ikut Asuransi

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati menyebutkan pertanian di Pati mendapatkan subsidi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) sebesar 80 persen dari Pemerintah Pusat.

Meskipun demikian Nikentri Meiningrum, selaku Kepala Dispertan Kabupaten Pati mengungkapkan bahwa petani di Pati masih juga enggan untuk mengikuti program asuransi tersebut.

“Untuk AUTP itu sebenarnya petani kita itu masih enggan untuk mendaftar, padahal sudah subsidi 80 persen dari APBN,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Nikentri menjelaskan saat ini Kabupaten Pati mendapatkan jatah AUTP dengan luas lahan mencapai 1.350 hektar. Ia mengatakan, hingga tahun 2023 hanya mampu terserap 385 hektar.

“Iya itu kita itu dapat jatah 1.350 hektar, tapi dari data yang disini itu baru ada sekitar 385 hektar yang mendaftarkan,” imbuhnya.

Baca Juga :   Hoax Loker Bagian Produksi PT HWI Batangan

Diketahui bahwasanya petani yang mengikuti program AUTP hanya akan dibebankan biaya sebesar Rp36 ribu setiap Masa Tanam. Sementara sekitar Rp144 ribu telah mendapatkan premi dari APBN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati