Kabupaten Batang Tempati Urutan ke-4 Angka Kasus HIV di Jateng

Batang, Mitrapost.com – Kasus HIV di Jawa Tengah masih belum terkendali hingga saat ini. Seperti di sejumlah Kabupaten/Kota di Jateng dengan angka kasus yang tinggi.

Kabupaten Batang, menempati urutan ke-4 di Jateng dengan angka kasus HIV yang masih cukup tinggi, dilihat dari hasil data akhir Desember 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Batang, Muhammad Wahyudi.

“Kabupaten Batang berada di bawah Kota Semarang, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Jepara. Penurunan ini karena kesadaran pengidap untuk mengonsumsi ARV makin baik,” terangnya, usai menjadi pemateri Rakor Evaluasi Deteksi Dini, Preventif dan Respon Penyakit, di Balemong Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga :   Kini PKL Dilarang Berjualan di Tepi Jalan dan Jembatan Area Pasar Sedondong Batang

Yang menjadi perhatian banyak pihak justru beralihnya kasus HIV yang menjangkiti komunitas Lelaki Seks Lelaki (LSL) dibandingkan Wanita Pekerja Seks (WPS).

“Tahun 2022 dari 2.605 LSL yang diperiksa, 114 di antaranya pengidap HIV,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati