Tips Sederhana Cegah Sakit Punggung

Mitrapost.com – Sakit punggung merupakan kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Hal ini mungkin disebabkan oleh banyaknya aktivitas yang dilakukan secara tidak benar, seperti terlalu lama duduk di posisi yang sama, kebiasaan membungkuk, hingga menggendong beban pada tas punggung. Selain itu, sakit di bagian punggung ini dapat disebabkan oleh trauma seperti terjatuh.

Meski tidak dapat dihindari, sakit punggung ini dapat diminimalisir. Dilansir dari Everyday Health, berikut beberapa cara pencegahan sakit punggung yang efektif dan sederhana.

Work out

Salah satu cara untuk mencegah sakit punggung adalah rutin work out atau olahraga. Beberapa gerakan olahraga akan membantu Anda memperbaiki postur tubuh dan mengurangi kekakuan otot penyebab nyeri punggung.

Baca Juga :   6 Tips Atasi Sakit Punggung Karena Terlalu Lama Duduk

“Selain itu, olahraga membantu menjaga persendian Anda tetap fleksibel,” kata Dr. Robin Lustig.

Pola makan sehat

Dr. Lustig juga menyarankan untuk memperbaiki kebiasaan makan yang benar dan sehat. Terlalu banyak makan makanan pedas atau cepat saji dapat membebani sistem saraf, yang akan menyebabkan masalah punggung. Sebaliknya, pola makan sehat yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran segar, daging tanpa lemak, produk susu, dan biji-bijian akan menjaga saluran pencernaan dan usus bekerja dengan baik. Hal itu akan menjaga tulang belakang bagian dalam dan luar tetap sehat.

Tidur posisi samping

Posisi terbaik untuk tidur adalah menyamping. Posisi ini tidak akan menyebabkan tekanan yang berlebihan pada tubuh Anda. Selain itu, tidur yang cukup dan nyenyak selalu menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan.

Baca Juga :   Rasa Sakit yang Umum Terjadi Ketika Hamil, dan Upaya Mengatasinya

Postur tubuh yang tepat

Orang-orang yang lebih banyak membungkuk di depan komputer dan telepon dapat menimbulkan perasaan sakit dan nyeri. Lebih baik, lakukan peregangan untuk mencegah kekakuan pada tubuh selama beberapa saat, serta pertahankan posisi tegak. Selain itu, duduk dengan postur yang baik, Anda akan mempertahankan lekuk alami punggung dan membantu menjaganya tetap kuat.

Kurangi stres

Stres dapat berdampak buruk pada kesehatan punggung, karena menyebabkan otot tegang. Ketegangan yang terus-menerus seperti ini dapat menyebabkan sakit punggung. Lakukan aktivitas yang dapat mengurangi keluhan nyeri punggung, sekaligus menenangkan pikiran seperti yoga, meditasi, tai chi dan lainnya.

Berhenti merokok

Penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat memperburuk sakit punggung. Hal ini mungkin berkaitan dengan merokok dapat mempersempit pembuluh darah. Pembuluh darah yang menyempit mengakibatkan berkurangnya oksigen dan nutrisi yang mencapai tulang belakang. (*)

Baca Juga :   Penyebab Tulang Ekor Sakit dan Cara Meredakannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati