Kebutuhan Penyandang Disabilitas Sektor Pendidikan dan Kesehatan Jadi Sorotan

Pati, Mitrapost.com – Setiap penyandang disabilitas utamanya yang berada di Kabupaten Pati tentu memiliki hak yang sama dengan warga lainnya. Begitu pula dalam sektor pendidikan dan kesehatan.

Salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah menilai jika kebutuhan penyandang disabilitas di sektor pendidikan meliputi pemberian ruang untuk menuntut ilmu atau belajar, pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan mereka, hingga sarana di sekolah yang memudahkan.

“Memberikan ruang, menyesuaikan pelajaran dan sarana di sekolah yang ramah kepada mereka,” ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Sedangkan di sektor kesehatan, kemudahan dalam akses layanan kesehatan bagi penyandang disabilitas juga dinilai penting. Baik itu dalam hal penyediaan sarana prasaran yang mendukung maupun dalam hal layanan yang diberikan pihak fasilitas kesehatan.

Baca Juga :   Ujian PPPK Kemenag dijadwalkan Desember, Dewan Minta Ada Afirmatif

Salah satu pelayanan yang dinilai akan sangat membantu penyandang disabilitas adalah apabila pihak fasilitas kesehatan memiliki kemampuan komunikasi bahasa isyarat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati