Berikut Keutamaan-keutamaan Mengerjakan Salat Tahajud, Salah Satunya Digolongkan Sebagai Orang Saleh

Mitrapost.com – Salat tahajud merupakan salah satu ibadah salat yang dilakukan di sepertiga malam, atau mulai jam 01.00 hingga datangnya waktu subuh. Meski memiliki hukum sunah, salat tahajud memiliki banyak keutamaan.

Anjuran melakukan salat tahajud terdapat dalam surat Al-Isra ayat 79 yang berbunyi sebagai berikut,

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka ‘asā ay yab’aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā

Artinya: “Pada sebagian malam lakukanlah sholat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Sementara itu, berikut keutamaan-keutamaan salat Tahajud berdasarkan hadits Nabi SAW.

Digolongkan sebagai orang saleh

Dari hadits riwayat Imam Tirmidzi dan Ahmad, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Kerjakanlah sholat malam, karena sholat malam itu kebiasaan orang-orang yang saleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindarkan penyakit dari badan,” (HR Imam Tirmizi & Ahmad).

Baca Juga :   Perintah Menyayangi Binatang dalam Islam

Amalan terbaik setelah salat fardhu

Rasulullah SAW bersabda, “Seutama-utama puasa setelah Ramadan ialah puasa di bulan Muharram, dan seutama-utamanya sholat sesudah sholat fardhu ialah sholat malam,” (HR Muslim).

Mendapat kemuliaan

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits, “Jibril mendatangiku dan berkata, ‘Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain,” (HR Al-Baihaqi). (*)