Berikut Tips Mencuci Wajah dengan Baik dan Benar

“Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, pilihlah pembersih yang menghidrasi dan tidak berbusa, karena bahan berbusa yang digunakan dalam pembersih berbusa cenderung lebih mengeringkan kulit,” jelasnya.

Sementara itu, jika Anda memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat, pembersih berbusa atau berbahan dasar asam salisilat mungkin merupakan pilihan terbaik.

Cuci wajah 2 kali sehari

Ahli merekomendasikan mencuci muka dua kali sehari, yakni pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Mencuci wajah di malam hari dapat menghilangkan kotoran dan debu yang menumpuk di siang hari, sehingga Anda bisa tidur dengan wajah bersih. Selain itu, membersihkan muka setelah berolahraga yang berkeringat juga penting dilakukan.

Baca Juga :   Tips Rawat Kulit Gelap Agar Tetap Bersih dan Sehat

Gunakan handuk wajah untuk mengeringkan

Memastikan tangan dan handuk bersih untuk menyentuh kulit Anda, baik sebelum atau sesudah cuci muka. Sebelum cuci muka, cuci tangan lebih dulu. Begitu pula dalam menyeka sisa air di wajah setelah cuci muka. Gunakan pula handuk bersih yang dikhususkan untuk wajah saja, kemudian tepuk-tepuk lembut di kulit. Hindari menggosok dengan kasar.

Lakukan double cleansing

Ahli menyarankan double cleansing, yaitu membersihkan wajah dengan pembersih, kemudian mencuci muka dengan facial wash.  Pembersihan dua kali ini sangat dibutuhkan terutama jika Anda memiliki kulit kering atau rentan berjerawat. Cara ini berfungsi untuk menghilangkan semua riasan, kotoran, dan polusi dari kulit.

Baca Juga :   Buah-buahan Bisa Bikin Kulit Glowing? Simak Cara Berikut Ini!

Jangan bilas dengan air panas

Mencuci muka dengan air panas dapat mengurangi kelembapan dari kulit, membuatnya kering dan mengiritasi. Lebih baik menggunakan air dingin atau suam-suam kuku untuk melakukan pembilasan saat cuci muka.

Jangan gosok dengan kasar

Gosok dengan pelan menggunakan ujung-ujung jari Anda. Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), menggosok dengan tangan secara lembut tidak mengiritasi kulit jika dibandingkan waslap atau spons. Sementara untuk pembersihan mendalam, lakukan eksfoliasi kulit setidaknya 2 kali seminggu, jangan terlalu sering. (*)