Sudahkah Anda Merencanakan Jadwal Bukber? Ternyata Ini Manfaat Buka Puasa Bersama Teman dan Keluarga

Mitrapost.com – Setelah memasuki bulan Ramadan, banyak orang sudah mulai merencanakan jadwal buka bersama (bukber), entah dengan keluarga atau teman-teman. Tradisi buka puasa bersama ini menjadikan Ramadan lebih indah dan bermakna.

Apalagi, buka bersama juga dapat merekatkan tali silaturahmi dengan sesama umat muslim. Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Nabi Muhammad SAW menjelaskan tentang keberkahan makan bersama-sama kepada para sahabat.

“Sahabat bertanya, ‘mengapa makan tidak kenyang?’, Rasulullah pun balik bertanya, ‘Apa kalian makan sendiri-sendiri?’ Para sahabat menjawab, ‘iya’, kemudian Nabi Muhammad bersabda, ‘Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua’.”

Berikut ini adalah manfaat ikut tradisi bukber yang sering dilakukan saat bulan Ramadan.

Baca Juga :   Negara dengan Waktu Puasa Terlama

Mempererat tali silaturahmi

Manfaat pertama adalah memperkuat ukhuwah Islamiyah. Menikmati santapan bersama dapat mempererat tali silaturahmi dengan sesame muslim. Momen ini juga mampu memberikan kehangatan suasana di antara keluarga maupun teman-teman di bulan Ramadan.

Momen maaf-memaafkan

Buka puasa bersama juga bisa diselingi dengan interaksi positif antara teman dan keluarga. Dengan berkumpul bersama, kita mungkin bisa memperbaiki hubungan yang sempat retak atau merenggang. Oleh sebab itu, buka bersama juga bisa menjadi momen yang pas untuk maaf-memaafkan.

Membagikan rezeki

Mengajak orang lain buka bersama juga bisa menjadi cara untuk berbagi rezeki dan keberkahan. Dengan menyediakan makanan dan minuman pada teman dan keluarga bisa menjadi amalan sedekah yang bermanfaat bagi diri sendiri.

Baca Juga :   Tercatat 78 Kasus Kecelakaan di Pati Selama Ramadan

Mengisi waktu luang

Buka bersama dengan teman juga bisa menjadi cara untuk mengisi waktu luang jelang berbuka puasa. Momen berkumpul ini bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk kegiatan yang bermanfaat, seperti bertukar informasi, ilmu, dan pengalaman.

Menghilangkan stres

Manfaat lainnya adalah menghilangkan stres. Bertemu dengan orang-orang yang disayangi dan dicintai dapat meningkatkan suasana hati. Anda bisa tertawa, bertukar cerita dengan teman-teman maupun keluarga saat datang ke acara buka puasa bersama. (*)