Antisipasi Penyalahgunaan, Diskominfo Pati Nilai Penerapan Keamanan Informasi Harus Dilakukan Setiap Instansi

Pati, Mitrapost.com -Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Ratri Wijayanto melalui Kepala Bidang Persandian, Sali mengungkapkan bahwa penerapan keamanan informasi mutlak harus dilakukan setiap instansi pemerintah untuk mengantisipasi penyalahgunaan informasi.

Hal ini dikarenakan ada ancaman serangan keamanan siber yang semakin beragam. Bahkan berkemungkinan sulit terdeteksi. Misalnya serangan virus pada perangkat komputer, malware, adware, spyware dan phising.

Dengan adanya ancaman seperti itu, membuat keamanan informasi sangat rentan jika tidak memiliki kesadaran untuk mengatur keamanannya. Padahal tata kelola informasi dan komunikasi merupakan kebutuhan seluruh instansi pemerintah.

“Keamanan informasi pada penggunaan intranet, internet, surat elektronik, wifi, dan etika bermedia sosial harus benar-benar diperhatikan,” katanya belum lama ini.

Baca Juga :   Diskominfo Kembali Adakan Bimtek PPID Tingkat OPD dan Kecamatan

Ia menjelaskan, untuk mengurangai risiko keamanan informasi, organisasi atau instansi dapat menentukan kebijakan keamanan informasi yang jelas dan transparan. Seperti melakukan pelatihan keamanan informasi, melakukan evaluasi risiko secara teratur untuk mengidentifikasi potensi risiko keamanan informasi dan mengambil tindakan untuk meminimalkannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati