oleh

Kemenag Rembang Mengimbau Masjid Penuhi Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Sholat Idul Adha

Rembang, Mitrapost.com – Menindaklanjuti Surat Edaran nomor. 18 tahun 2020 terkait Pelaksanaan Sholat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban di Masa Covid oleh Kementrian Agama Pusat, Kemenag Rembang telah lakukan sosilasi ke masyarakat terkait aturan tersebut.

“Sudah diperbolehkan, tetapi tetap menaati protokol. Bahwa sholat idul adha bisa boleh di semua masjid dan penyembelihan hewan. Kalau kita cuma melakukan sosialisasi ke semua ormas. Dan itu sudah terlaksana,” jelas Kasi Bimas Islam Ali Muhyidin pada Jum’at (24/7/2020).

Ali Muhyidin opitimis masjid di Kabupaten Rembang mampu melakukan peraturan yang tercantum dalam surat edaran tersebut. Yakni dalam menyiapkan segala protokol kesehatan mulai alat cuci tangan sampai menjaga jarak. “Bisa, seperti yang sudah berjalan disemua Jum’atan biasa,” ungkapnya.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Dispertan Kudus Lakukan Pemeriksaan Lanjutan Kesehatan Ternak

Meskipun begitu Ali Muhyidin juga tidak memungkiri untuk beberapa masjid masih belum memenuhi aturan tersebut. “Protokol jaga jarak sudah diatur di surat edaran. Lagi-lagi di lapangan memang belum bisa seragam,” imbuhnya.

Ketidaksiapan beberapa masjid dalam menjaga jarak diakibat terbenturnya jumlah masyarakat yang tidak seimbang dengan luas masjid.

“Ada Beberapa masjid belum bisa melakukannya. Karena alasan tempatnya terbatas. Intinya kita sudah berbagi tugas dan memberi informasi,” jelas Ali.

Meskipun begitu Ali Muhyidin tetap mengimbau setidaknya masjid-masjid tetap dapat memenuhi protokol kesehatan yang dianggapnya sederhana.

“Protokol harus tetap dijalankan.  Kasus kecil memang masih ada. Masjid kita harapkan punya thermo gun, pakai masker dan cuci tangan,” pungkasnya. (*)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed