Cara Sederhana Mengantisipasi Paparan Virus Corona

Mitrapost.com Virus corona, saat ini telah menjadi pandemi di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Penyebaran virus yang begitu cepat, terhitung sejak kasus pertama 2 Maret 2020, kini pasien positif corona di Indonesia sudah mencapai 514 kasus per 22 Maret 2020.

Hal ini yang membuat masyarakat khawatir. Namun demikian tidak sedikit dari mereka yang tidak menaati aturan pemerintah untuk melakukan social distancing. Mereka masih keluar rumah dan melakukan aktivitas, hal itulah yang dapat menyebabkan penyebaran semakin meluas.

Cara yang paling mendasar untuk mencegah tertularnya virus ini yaitu dengan melakukan hidup sehat dan bersih. Selain menjaga tubuh dengan rutin mencuci tangan, berikut cara untuk membersihkan pakaian dan aksesoris yang sering kita gunakan, melansir dari Fakultas Kedokteran University of Hongkong:

Baca Juga :   Seminggu Pasca Lebaran, Apa Kabar Berat Badan?

Baca juga: Manfaat Wudhu Selain untuk Bersuci

Membersihkan Pakaian

Membersihkan pakaian setiap hari, dengan mencucinya setelah sekali pemakaian dan disarankan untuk tidak menggantung pakaian yang sudah pernah dipakai.

Membersihkan Jaket

Membersihkan jaket hampir sama dengan membersihkan pakaian, dengan mencucinya secara rutin. Selain itu, siapkan kain yang telah dibasahi dengan disinfektan. Setelah di setrika, letakkan jaket di atas kain yang telah dibasahi disinfektan.

Membersihkan Sepatu

Rutin menyemprot disinfektan ke sepatu yang telah dipakai. Bersihkan bagian bawah sepatu dengan menginjak handuk yang telah dibasahi cairan disinfektan pemutih. Cara membuat cairan disinfektan pemutih dengan rasio 1 air : 99 cairan pemutih.