oleh

Diprediksi, Pasca Pandemi Pengelolaan Ikan Rembang Tak Bisa Ekspor Lagi

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Rembang, Mitrapost.com – Selama pandemi, beberapa sektor di Kabupaten Rembang mendapatkan pukulan cukup serius. Begitu pula dengan profesi nelayan di Rembang yang mengalami dampak tersebut. Mengingat profesi nelayan merupakan pekerjaan yang dominan di Rembang.

“Jadi kalau dilihat dari nelayan di Rembang, merupakan lapangan pekerjaan paling banyak di Rembang. Selama pandemi ini tentu ada perbedaan,” jelas Cholid sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Rembang pada Rabu (19/8/2020).

Perbedaan yang paling mencolok akibat pandemi salah satunya adalah sektor pengolahan ikan. Cholid mengaku pengolahan ikan Rembang pasca pandemi tidak dapat lagi dikirim ke luar negeri atau ekspor.

“Saat pandemi seperti ini ekspor ikan jadi terbatas, bahkan bisa ditolak. Jadi mau tidak mau TPI pemasarannya hanya dilokal saja,” ungkapnya.

Baca Juga :   Tinjau Aktivitas Ekonomi, Bupati Rembang: Progres Disiplin PPKM Sudah Baik

Baca juga : Cuaca Buruk, Nelayan Dukuhseti Memilih Tidak Melaut

Perubahan pola pada akhirnya kepada jumlah penyimpanan ikan di Rembang menjadi membludak. Karena daya serap  terhadap konsumsi ikan di Rembang masih kecil.

“Daya serapnya produk ikan jadi masih kecil. Jadi produk ikan yang ada di Rembang jadi over.  Karena kita tidak dapat bisa lempar ke luar.”

Pada puncaknya hal ini juga mempengaruhi kepada harga jual dari olahan ikan yang ada. Terutama pada sisi harga ikan di pasar lokal.

“Kalau harga ikan ada beberapa jenis. Kalau harga untuk ikan ekspor tidak jauh berbeda karena bisa di simpan terlebih dahulu. Kalau untuk ikan pasar atau lokal itu ya menurun 30 sampai 20 persen dari rata-rata,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :   Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Rembang Digelar Tertutup dan Virtual

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral