Langkah Cegah Peretasan Akun Gmail

Mitrapost.com – Banyak masyarakat menghubungkan akun Gmail miliknya dengan aplikasi atau layanan di ponsel.

Tak disangkal, demikian itu memudahkan kegiatan digital pengguna Gmail. Mulai dari pengelolaan media sosial hingga bermain game. Sayangnya, di sisi lain kemudahan tersebut dapat berpotensi adanya peretasan terhadap pengguna Gmail.

Akhir-akhir ini aksi peretasan kerap kali terjadi diberbagai kalangan. Hal ini cukup merugikan karena dapat terjadi kebocoran data pribadi seperti yang dialami beberapa tokoh hingga perusahaan media sekalipun.

Baca juga: Video : Aplikasi Pasar Puri Online Berat, Disdagperin Maksimalkan Fitur Chat WA

Melansir dari Tempo.com pada Selasa (25/08/2020), terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah peretasan akun Gmail, antara lain:

  1. Gunakan kata sandi yang kuat dan unik
Baca Juga :   5 Aplikasi Android Rentan Sebarkan Data Pengguna

Penggunaan kata sandi yang lemah sangat rentan terhadap serangan dari pihak-pihak tidak bertanggungjawab. Serangan ringan, seperti SQL atau brute force dapat menjebol sandi lemah tersebut. Sebaiknya, pengguna menggunakan sandi dengan frasa acak yang lebih dari delapan karakter meliputi angka, huruf capital, huruf kecil, dan karakter khusus.

  1. Gunakan Two Factor Authentication (2FA)

Menggunakan 2FA dapat menambah perlindungan lebih terhadap akun Gmail. Dengan fitur ini, pengguna juga membutuhkan One Time Password (OTP) untuk mengakses akun Gmailnya. OTP sendiri akan dikirim ke perangkat pribadi pengguna sehingga sangat kecil kemungkinan OTP tersebut bocor.