Apple dan Google Kembali Buat Sistem Pelacak Covid-19

Apple dan Google kembali rilis sistem pelacak Covid-19

Mitrapost.com – Apple dan Google kembali rilis sistem aplikasi baru pelacak penyebaran virus Covid-19. Aplikasi versi terbaru ini merupakan pengembangan dari framework software contact tracing yang dirilis April lalu.

Sistem rilisan baru ini adalah framework untuk pengembang aplikasi membuat aplikasi pelacak Covid-19 sesuai kebutuhan. Framework baru ini memungkinkan otoritas kesehatan di sejumlah negara membuat aplikasi pelacak Covid-19 dengan lebih sederhana, cukup dengan mengatur framework dasar sesuai kebutuhan mereka.

Baca juga: Penggunaan Chrome di Android Akan Lebih Hemat Daya

Sistem yang dirancang Apple dan Google tersebut digadang-gadang bakal memudahkan dan mempercepat penyampaian notifikasi jika pengguna terpapar Covid-19.

Melansir KompasTekno dengan membuat framework baru yang lebih rapi dan terstruktur, maka aplikasi yang dibuat dengan framework ini bisa memunculkan notifikasi (Exposure Notifications Express) terkait virus Corona. Exposure Notifications Express juga bisa menjadi pelengkap aplikasi contact tracing yang dikembangkan otoritas kesehatan suatu negara, dengan tetap tanpa mengorbankan keamanan dan privasi pengguna.