oleh

Tips Kelola Keuangan Secara Ideal Ketika Single

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com – Mengelola keuangan sangatlah penting untuk menunjang finansial. Banyak orang berpikir serius mengelola keuangan setelah menikah.

Namun, apa harus menunggu ketika sudah menikah baru mengelola keuangan dengan benar? Ketika kamu masih single ini waktunya untuk kamu belajar mandiri, bagaimana mengatur

Sambil menunggu pasangan kamu datang, yuk simak tips ini melangsir idntimes.com.

Baca juga: Tips Memotong Bawang Agar Peroleh Manfaat yang Maksimal

  1. Susun anggaran dan patuhi

Jangan lupa catat semua pemasukan baik dari gaji tambahan maupun dana dari pemasukan lainnya seperti pendapatan lembur. Catat juga jumlah pengeluaran kamu ya! Ini sangat penting agar kamu bisa mengontrol pengeluaran.

Kalau pengeluaran lebih besar daripada pemasukan kamu harus berhemat, kalau pemasukan tersisa kamu bisa gunakan untuk pos dana dan investasi.

Baca Juga :   Cara Buat Infused Water untuk Menyegarkan Tubuh

Baca juga: Tips Bersihkan Masker Kain untuk Mencegah Terjangkit Corona

  1. Sediakan dana darurat

Dana darurat menjadi hal yang sangat penting, karena kamu cuma bergantung pada diri sendiri. Kalau hilang pekerjaan kamu masih aman karena memiliki dana darurat, hingga kamu nanti memiliki pekerjaan lagi.

Dana darurat ini sebaiknya terpisah dari tabunganmu yang reguler. Kalau tabungan biasanya bisa kamu ambil sesuka hati, usahakan tetap disiplin menyimpan dana darurat dan tidak mengutak-atiknya kecuali dalam kondisi benar-benar darurat ya.

Baca juga: Tips Buat Smoothie Hijau Sehat dan Enak di Rumah

  1. Pikirkan dana pensiun

Walaupun masih kejauhan, tetapi persiapan perlu dilakukan agar kamu tidak kewalahan menghadapi masa pensiun kamu. Apalagi jika kemungkinan terburuknya kamu masih sendiri.

Baca Juga :   Tiga Waktu Terbaik Berolahraga Saat Puasa

4. Belajar mandiri agar hemat

Mulailah belajar mandiri, mengatur segala kegiatan rumah tangga sendiri. Seperti misalnya memasak sendiri, mencuci baju sendiri bagi kamu yang ngekos jadi tidak perlu beli makanan atau ke laundry.

Baca juga: Tips Bersihkan Masker Kain untuk Mencegah Terjangkit Corona

5. Cari pemasukan tambahan

Selagi single, kamu memiliki banyak waktu yang tersisa dan bebas. Jadi manfaatkan energi kamu untuk mencari uang tambahan.

6. Investasi sebagian penghasilan

Agar penghasilan kamu bisa berkembang, sebaiknya kamu mulai juga berinvestasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari membeli emas, saham, reksa dana, obligasi, hingga investasi tanah atau properti.

Baca Juga :   Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral